Paten atas Desain Botol Coca Cola Ditolak Pengadilan

Kompas.com - 24/02/2016, 19:56 WIB
Coca-Cola www.thetimes.co.ukCoca-Cola
EditorBambang Priyo Jatmiko
LUXEMBOURG, KOMPAS.com - Pengadilan menolak Coca Cola yang ingin mematenkan kemasan minuman ringannya, Rabu (24/2/2016).

Coca Cola sebelumnya telah mengajukan paten kepada pengadilan di Uni Eropa terhadap desain kemasan botol plastik, botol kaca, serta kaleng.

Produsen minuman yang berbasis di Amerika Serikat itu berargumen bahwa bentuk kemasan yang dimiliki perseroan merupakan "evolusi alami".

Ditemukan di Amerika Serikat pada akhir abad 19, Coca-Cola menjadi kiblat bagi pemasaran modern. Salah satunya adalah bentuk kemasan yang sudah menjadi ciri khas dan dikenali secara global.

Pada 2011, perusahaan tersebut mengenalkan botol dengan permukaan rata. Pengadilan Uni Eropa menolak pengajuan paten atas bentuk botol tersebut lantaran dinilai tidak memiliki dasar untuk dipatenkan.

"Pengadilan Umum menemukan bahwa tanda karakter pada botol tersebut tidak ada bedanya dengan yang lainnya sebagaimana yang dipersyaratkan dalam peraturan merek dagang," demikian pernyataan dari pengadilan.

"Dengan kondisi seperti itu, Pengadilan Umum menolak seluruh pengajuan paten oleh Coca Cola."



Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X