Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paten atas Desain Botol Coca Cola Ditolak Pengadilan

Kompas.com - 24/02/2016, 19:56 WIB
LUXEMBOURG, KOMPAS.com - Pengadilan menolak Coca Cola yang ingin mematenkan kemasan minuman ringannya, Rabu (24/2/2016).

Coca Cola sebelumnya telah mengajukan paten kepada pengadilan di Uni Eropa terhadap desain kemasan botol plastik, botol kaca, serta kaleng.

Produsen minuman yang berbasis di Amerika Serikat itu berargumen bahwa bentuk kemasan yang dimiliki perseroan merupakan "evolusi alami".

Ditemukan di Amerika Serikat pada akhir abad 19, Coca-Cola menjadi kiblat bagi pemasaran modern. Salah satunya adalah bentuk kemasan yang sudah menjadi ciri khas dan dikenali secara global.

Pada 2011, perusahaan tersebut mengenalkan botol dengan permukaan rata. Pengadilan Uni Eropa menolak pengajuan paten atas bentuk botol tersebut lantaran dinilai tidak memiliki dasar untuk dipatenkan.

"Pengadilan Umum menemukan bahwa tanda karakter pada botol tersebut tidak ada bedanya dengan yang lainnya sebagaimana yang dipersyaratkan dalam peraturan merek dagang," demikian pernyataan dari pengadilan.

"Dengan kondisi seperti itu, Pengadilan Umum menolak seluruh pengajuan paten oleh Coca Cola."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com