Kompas.com - 28/02/2016, 08:08 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta
JAKARTA, KOMPAS.com - Percepatan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu memerlukan peran investor lebih besar. 

Berdasarkan data Dewan Kawasan KEK Provinsi Sulteng, baru 2 investor yang positif akan berinvestasi di dalam kawasan KEK Palu. 

"Secara prinsip, Dewan Nasional KEK akan memberikan dukungan optimal bagi setiap KEK," kata Sekretaris Dewan Nasional KEK Enoh Suharto Pranoto dalam siaran pers, Jakarta, Sabtu (27/2/2016). 

Ia juga meminta Pemerintah Provinsi Sulteng dan Pemerintah Kota Palu segera menyelesaikan masterplan pembangunan KEK Palu. 

Sebab, dengan penyelesaian masterplan setiap tenant yang akan berinvestasi di dalam kawasan tersebut dapat dikontrol dengan baik. 

Menurut Konsultan Investasi KEK Palu Leo Chandra, dua investor yang sudah positif menanamkan investasinya yakni Shenniu Mining Indonesia dan PT Mineco dengan nilai investasi masing-masing 100 juta dollar dan 50 kita dollar. 

Sementara itu Gubernur Sulteng Longki Djanggola akan berupaya melibatkan peran swasta untuk aktif mendukung percepatan KEK Palu. 

Hingga saat ini kata Longki, Pemprov Sulteng sudah mengalokasikan anggaran daerah selama 2 tahun untuk membangun beberapa gedung dan jalan serta infrastruktur dalam kawasan KEK Palu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.