Senin Besok, Kementan Gelar Panen Raya di 7 Provinsi

Kompas.com - 28/02/2016, 16:36 WIB
|
EditorAprillia Ika
CILACAP, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) akan menggelar "Panen Raya Serentak di Tujuh Provinsi" pada Senin (29/2/2016) besok. 

Tujuh provinsi yang akan melakukan panen serentak tersebut antara lain provinsi Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Nusa Tenggara Barat.

"Total lahan panen di tujuh provinsi tersebut sebesar 2.927 hektare (ha)," kata Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Agung Hendriandi, Minggu (28/02/2016).

Rinciannya, sebesar 293 ha lahan dipanen di Jawa Tengah, 340 ha di Jawa Timur, 494 ha di Nusa Tenggara Barat, 600 ha di Sumut.

Selain itu, 1.200 ha dipanen di Sumatera Selatan, 100 ha di Kalimantan Selatan dan 100 ha lainnya di Sulawesi Selatan.

Dia memaparkan, panen serentak ini merupakan awal dari masuknya musim panen raya di Indonesia.

Prediksi produksi gabah pada periode panen raya Maret 2016 ini bisa mencapai 12,8 juta ton gabah kering giling (GKG) atau setara dengan 7,9 juta ton beras.

Jumlah tersebut dinilai sudah mencukupi kebutuhan konsumsi beras nasional dalam beberapa bulan.

"Jumlah tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi beras penduduk sekitar 2,6 juta ton per bulan," pungkas Agung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.