Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KEK yang Sudah Ada Banyak yang Belum Siap

Kompas.com - 01/03/2016, 23:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyebut, dari delapan Kawasan Eekonomi Khusus (KEK), masih banyak yang belum siap dari segi lahan infrastruktur, dan sebagainya.

Adapun KEK yang relatif siap hanya Sei Mangkei, Tanjung Lesung, dan Mandalika.

"Beberapa lainnya seperti Palu, Bitung, banyak yang harus diperbaiki seperti pengelolanya, lahannya, terutama faktor lahan. Lahannya belum dibebaskan, belum siap," kata Franky di Kantor Menko Perekonomian, Selasa (1/3/2016).

Dengan demikian, imbuh Franky, pemerintah akan lebih fokus kepada KEK yang lebih siap. Adapun orientasi ke depan adalah KEK itu harus yang lahannya siap atau infrastrukturnya memang sudah ada.

"Tentu tanggung jawab pemerintah kalau sudah ada status KEK. Dulu investor datang ke situ kan karena KEK," tutur Franky.

Selain Franky, rakor tersebut dihadiri oleh Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro dan Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong.

Dalam rapat tersebut dibahas mengenai usulan penambahan KEK di sebanyak empat kawasan, yakni Sorong, Lhokseumawe, Tanjung Kelayang, dan Merauke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com