Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Maluku Pasrah, Blok Masela Dikelola di Darat Atau di Laut

Kompas.com - 03/03/2016, 18:44 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Pemerintah provinsi Maluku memberikan kewenangan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memutuskan pengelolaan blok gas Masela yang saat ini masih menuai perdebatan.

“Selaku Gubernur Maluku, saya ingin agar secepatnya diputuskan. Terserah pak Presiden apakah nanti diputuskan di laut (offshore) atau di darat (onshore),” kata Gubernur Maluku Said Assagaff kepada wartawan di Ambon, Kamis (3/3/2016).

Said enggan menanggapi silang pendapat yang terus mengemuka antara Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli dan Menteri ESDM Sudirman Said. (Baca: Ribut Antar-Menteri Soal Blok Masela Tak Sentuh Inti Persoalan)

Dia juga membantah kabar yang beredar jika Presiden Jokowi telah menunda keputusan pengoperasian blok Masela hingga 2018 mendatang.

“Kalau penundaan saya kira tidak sampai 2018. Beliau (Presiden) hanya menunggu waktu yang tepat untuk memutuskan,” ungkap dia.

Pemerintah Provinsi Maluku bersama DPRD Maluku sebelumnya ngotot agar pengelolaan blok gas Masela di lakukan di laut.

Keputusan itu pun telah tertuang dalam Kongres Masyarakat Maluku beberapa waktu lalu. (Baca: Kelola Gas Masela, Maluku Harus Siapkan Modal Rp 25 Triliun)

Seperti diketahui, saat ini hak partisipasi Blok Masela dimiliki Inpex Masela Ltd sebagai operator sebesar 65 persen dan sisanya dimiliki Shell Corporation sebesar 35 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com