Sepakati Harga Jual-Beli Listrik, Pengembang Mini Hidro Bergairah

Kompas.com - 06/03/2016, 17:37 WIB
|
EditorM Fajar Marta
JAKARTA, KOMPAS.com – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dan pengembang listrik dari tenaga mini hidro telah menyepakati harga jual-beli listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTM) untuk kontrak selama dua puluh tahun ke depan.

Harga listrik dari PLTM untuk delapan tahun pertama kontrak adalah sebesar 12 cent dollar AS per kilowatthour (kWh).

Sedangkan harga listrik untuk tahun kesembilan hingga tahun ke-20 sebesar 7,5 cent dollar AS per kWh.

Direktur PT Klaai Dendan Lestari, Yogi Adhi Satria, salah satu perusahaan pengembang PLTM di Indonesia menyampaikan apresiasi atas kesepakatan yang disusun oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pihak PLN, dan pengembang ini.

“Selama ini pengembang khususnya pengembang PLTM memang mengalami kesulitan dalam kesepakatan jual-beli listrik dengan PLN. Tapi ke depannya, kita harus optimistis bisa mewujudkan mega proyek ini bersama untuk kemajuan Indonesia,” kata dia melalui keterangan tertulis, kepada redaksi KOMPAS.com, Minggu (6/3/2016).


Harian Kompas Rasio Electricity


Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengembang Pembangkit Listrik Tenaga Air (APPLTA) M Assegaf berharap seluruh kesepakatan bisa memberikan pemerataan listrik di Indonesia.

Dia juga berharap kesepakatan dengan PLN bisa betul-betul terlaksana.

Sebab, kata dia, selama ini pengembang banyak dihadapkan dengan masalah teknis di lapangan seperti akuisisi lahan, dan kesepakatan kontrak itu sendiri.

“Semua elemen masyakat harus mendukung karena pembangkit listrik yang merata memiliki banyak manfaat. Jika terangnya sama di seluruh Indonesia, pergerakan ekonomi pun merata,” ujar Assegaf.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.