Kompas.com - 08/03/2016, 13:03 WIB
Petugas kasir menghitung uang rupiah yang disetor nasabah di Bank Mandiri kantor cabang pembantu Pertamina Unit Pemasaran III Jakarta,beberapa waktu lalu. KOMPAS/PRIYOMBODOPetugas kasir menghitung uang rupiah yang disetor nasabah di Bank Mandiri kantor cabang pembantu Pertamina Unit Pemasaran III Jakarta,beberapa waktu lalu.
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kian galak terhadap para bankir. Aksi terbaru, OJK meminta bank menerapkan suku bunga kredit satu digit (single digit) di akhir 2016 pada seluruh sektor kredit.

Desakan OJK ini merupakan tindak lanjut pasca revisi batas atas (capping) bunga deposito maksimal 75 basis poin-100 basis poin di atas suku bunga acuan atau BI rate.

OJK meyakini, penurunan biaya dana bank melalui capping bunga deposito menolong bank untuk menerapkan bunga kredit single digit.

“Harusnya, bunga kredit di bawah 10 persen untuk semua sektor, termasuk kredit usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM),” ujar Dewan Komisioner OJK Bidang Perbankan Nelson Tampubolon, Senin (7/3/2016).

Proyeksi OJK, era suku bunga kredit rendah bisa diterapkan perbankan mulai akhir tahun 2016 secara bertahap. Sebab, simpanan deposito setiap bank memiliki jangka waktu berbeda-beda sehingga penurunan biaya dana pun terjadi bertahap.

Meski sempat menuai protes, sejumlah bank mulai menyanggupi permintaan regulator.

Sekretaris Perusahaan PT Bank Mandiri Tbk Rohan Hafas mengatakan, penurunan suku bunga kredit di bawah 10 persen berpeluang diterapkan paling cepat pada semester II tahun ini.

Rencananya, Bank Mandiri akan menurunkan bunga kredit komersial dan korporasi terlebih dahulu, termasuk UMKM.

“Kami masih akan pikirkan berapa penurunannya karena tergantung sumber dana dan kebijakan lain yang dikeluarkan oleh Kementrian BUMN,” ujar Rohan.

Lebih optimistis, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja memperkirakan, pihaknya akan menerapkan bunga kredit maksimal 9,99 persen untuk seluruh sektor kredit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber KONTAN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X