Dollar AS Menguat, Produsen Pasta Gigi Terbesar di Dunia PHK Karyawan

Kompas.com - 11/03/2016, 11:20 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
NEW YORK, KOMPAS.com - Colgate Palmolive Co menyatakan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran terhadap karyawan sebagai bagian dari program restrukturisasi perusahaan.

Langkah ini diambil sebagai dampak kondisi makroekonomi yang berat dan menguatnya nilai tukar dollar AS.

Program restrukturisasi ini ditargetkan rampung pada Desember 2017 mendatang. Imbasnya, sekitar 3.300 hingga 3.800 karyawan Colgate di seluruh dunia terpaksa harus dirumahkan.

Sebelumnya, Colgate menyatakan akan menyelesaikan program restrukturisasi ini pada akhir tahun 2016. Adapun jumlah karyawan yang terkena PHK adalah sekira 2.700 hingga 3.200 orang di seluruh dunia.

Colgate meraup hampir tiga per empat pendapatannya dari luar Amerika Serikat. Untuk menangkal dampak penguatan kurs dollar AS, Colgate memutuskan untuk menaikkan harga jual produk.

Perusahaan ini merupakan salah satu produsen pasta gigi terbesar di dunia. Tahun ini, Colgate membukukan volume tinggi di kawasan Amerika Latin, yang merupakan pasar terbesar Colgate.

Colgate juga menyatakan akan memangkas biaya rantai pasok dan akan memfokuskan diri untuk mengekspansi titik-titik komersialnya.

Pasca pengumuman PHK karyawan pada Kamis (10/3/2016) waktu setempat, saham Colgate stagnan pada 68,23 dollar AS saat penutupan perdagangan di lantai bursa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.