Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lion Air Tertarik IPO, Tapi...

Kompas.com - 11/03/2016, 12:18 WIB
Aprillia Ika

Penulis

BATAM, KOMPAS.com - Lion Air Group menyatakan bahwa perusahaan tertarik untuk melakukan penawaran publik perdana atau Initial Public Offering ( IPO).

Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait mengatakan IPO dipandang sebagai langkah positif untuk mendukung ekspansi bisnis.

"Tapi saat ini belum perlu. IPO seperti melamar gadis. Banyak yang harus dipersiapkan. Dan saat ini Lion belum mendesak membutuhkan dana," kata  di Batam, Jumat (11/3/2016).

Menurut Edward, selama ini pembelian pesawat dan peralatan di Lion banyak menggunakan dana perbankan. Misal dengan sistem cicil, sewa dan sebagainya.

"Salah satu bank yang memberikan pinjaman misal bank Exim dari AS," kata Edward.

Menurut dia, mereka pendapatkan kredit ekspor yang berbeda skemanya dengan skema kredit komersial. Sebab untuk kredit ekspor dibiayai negara pengekspor. Sehingga jadi win-win solution buat Lion.

Selain itu, Lion yang sahamnya dikuasai keluarga Rusdi Kirana ini, menilai perlu lingkungan yang mendukung untuk IPO.

"Kalau kami IPO terus nggak ada yang berminat atau pasar lesu, bagaimana? Kami harus pikirkan kapan waktu yang tepat," lanjut dia.

Pada tahun ini, Lion Air akan mendatangkan 42 pesawat baru dari jenis ATR, Boeing dan Airbus.

Selain itu, hingga 2019 mendatang Lion Air berinvestasi Rp 7 triliun untuk mengembangkan bisnis perawatan pesawat di Batam, yakni Batam Aero Technic.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com