Kompas.com - 14/03/2016, 09:02 WIB
Ilustrasi bursa ThinkstockIlustrasi bursa
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika
JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini (14/3/2016) diestiamsi masih melanjutkan penguatan yang terjadi pada penutupan perdagangan Jumat (11/3/2016) pekan lalu.

"Hari ini kami memperkirakan IHSG akan bergerak menguat," tulis Samuel Sekuritas melalui akun Twitter-nya.

Samuel Sekuritas menekankan investor untuk mencermati saham-saham emiten penerbangan dan otomotif. selain itu, juga mencermati saham KIJA, WIKA dan KAEF.


Menurut analisis perusahaan ini, penguatan IHSG didorong penguatan bursa global. Pada Jumat lalu, indeks saham AS ditutup menguat seiring naiknya harga minyak dunia.

Sepanjang pekan kemarin harga minyak menguat 7,6 persen dan ditutup di harga 38,5 dollar AS per barel.

Pada penutupan perdagangan Jumat pekan lalu, market review Samuel Sekuritas mencatat IHSG ditutup menguat 0,4 persen ke level 4.813,8. Harga minyak serta bursa Asia menguat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Indeks Nikkei 225 naik 0,5 persen, indeks Hang Seng dan Shanghai Composite masing-masing menguat 1,1 persen dan 0,2 persen.

Harga minyak WTI naik 1,9 persen  persen ke level 38,6 dollar AS per barel. Bursa Eropa menguat signifikan lebih dari 1 persen.

Di Jumat, sektor aneka industri naik 1,4 persen dan menjadi top perfomers. Saham ASII naik 1,8 persen, Saham GJTL naik 5,7persen, dan saham AUTO naik 0,8 persen.

Sementara sektor pertambangan yang turun 0,4 persen menjadi penekan utama indeks di Jumat, terutama akibat jatuhnya harga saham ADRO sebesar 5,8 persen.

Investor asing tercatat melakukan netsell Rp 11.8 miliar di pasar reguler. Penjualan terbesar yakni BBRI (Rp 135,2 miliar), PGAS (Rp 79,6 miliar) dan HMSP (Rp 73,3 miliar).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X