Kompas.com - 15/03/2016, 13:29 WIB
Corporate Secretary PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Budi Satria beserta jajarannya memberikan bantuan Mobil Perpustakaan Keliling kepada KNPA dan diterima langsung oleh Ketua Umum KNPA Arist Merdeka Sirait dengan didampingi oleh Dewan Pembina KNPA, Seto Mulyadi. Corporate Secretary PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Budi Satria beserta jajarannya memberikan bantuan Mobil Perpustakaan Keliling kepada KNPA dan diterima langsung oleh Ketua Umum KNPA Arist Merdeka Sirait dengan didampingi oleh Dewan Pembina KNPA, Seto Mulyadi.
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyatakan terus menjaga porsi penyaluran pinjaman di sektor usaha mikro di atas 30 persen. Hingga akhir 2015, total pinjaman segmen mikro perseroan mencapai Rp 178,9 triliun. Capaian tersebut tumbuh 16,8 persen dibandingkan capaian pada tahun 2014 silam.

Adapun jumlah nasabah mikro, segmen ini mengalami peningkatan menjadi 7,8 juta nasabah pada sampai dengan 2015 berakhir. Angka ini meningkat dibandingkan 7,3 juta nasabah pada tahun 2014. "Tingkat Non Performing Loan (NPL) hanya sebesar 1,1 persen (gross). Sedangkan pertumbuhan micro funding tercatat 15,6 persen yoy menjadi Rp 192,1 triliun, dengan komposisi 85,8 persen merupakan Current Account Saving Account (CASA) atau dana murah," kata Sekretaris Perusahaan BRI Hari Siaga Amijarso dalam keterangan resmi, Selasa (15/3/2016).

Untuk 2016, imbuh Hari, perseroan menargetkan penyaluran pinjaman di sektor usaha mikro dapat tumbuh di kisaran 15 hingga 17 persen secara tahunan. Pertumbuhan tersebut nantinya didorong penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 61 triliun. "Selain pertumbuhan pinjaman dan simpanan, fokus lainnya adalah menjaga kualitas kredit atau level Non Performing Loan (NPL) di segmen mikro," ungkap Hari.

Untuk mencapai target tersebut, salah satu upaya yang dilakukan oleh Bank BRI di antaranya dengan menyuntikkan semangat atau motivasi kepada jajaran pekerja di bisnis mikro melalui Program Penghargaan BRI Unit (PPBU). Program itu merupakan program penghargaan kepada jajaran bisnis mikro, yang telah dijalankan sejak 1988. Hal tersebut berupa apresiasi kepada unit kerja yang berprestasi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X