Pasokan Ikan Di Bitung Hilang, Wapres Minta KKP Keluarkan Instruksi

Kompas.com - 19/03/2016, 11:44 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta
JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla memerintahkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk segara mengeluarkan instruksi sehingga 1500 kapal nelayan Bitung bisa beroperasi.

"Pak Dirjen (KKP) kasih instruksi semua. Disegerakan," ujar Kalla di Dermaga Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung, Sulawesi Utara, Jumat (18/3/2016).

Saat ini, Bitung mengalami kekurangan pasokan ikan lantaran banyak kapal tak bisa beroperasi.

Kebijakan moratorium kapal eks asing KKP menjadi penyebab kapal-kapal itu tidak bisa beroperasi.

Lantaran minimnya pasokan ikan, Bitung pun harus impor ikan.

Oleh karena itulah, Kalla mendorong pengoperasian agar 1500 kapal nelayan bisa kembali beroperasi sehinga pasokan ikan di Bitung kembali tersedia.

"Kita perlu perhatikan itu (impor ikan di Bitung). Ya kita berusaha menghidupkan ini,  bagaimana 1500 kapal ini bisa beroperasi kembali," kata Kalla.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.