Asyik! Bayar Tol Elektronik Kini Cukup Pakai Satu Kartu

Kompas.com - 21/03/2016, 12:15 WIB
Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno, Dirut Jasa Marga Adityawarman, dan Dirut-dirut bank Himbara dalam peluncuran e-Payment Toll Card, di Bekasi, Jawa Barat, Senin (21/3/2016). Estu Suryowati/KOMPAS.comMenteri BUMN Rini Mariani Soemarno, Dirut Jasa Marga Adityawarman, dan Dirut-dirut bank Himbara dalam peluncuran e-Payment Toll Card, di Bekasi, Jawa Barat, Senin (21/3/2016).
|
EditorAprillia Ika
JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna jasa jalan tol kini makin dimudahkan dengan pembayaran elektronik hanya dengan satu kartu, yakni e-Payment Toll.

Dengan satu kartu ini, seluruh nasabah dari empat bank BUMN yakni Mandiri, BNI, BRI, dan BTN bisa mendapatkan pelayanan jalan tol lebih cepat, dari tujuh detik menjadi tiga detik saja.

"Memang tujuan utamanya adalah bagaimana memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat. Jalan tol itu harusnya ya jalan cepat. Tapi selama ini transaksinya lama karena masih ada gardu tol," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno, dalam sambutan peluncuran e-Payment Toll, di Bekasi, Senin (21/3/2016).

Pada tahap awal, pembayaran layanan jalan toll dengan kartu e-Payment Toll bisa dilakukan di empat ruas, yaitu di ruas tol JORR (Kebon Jeruk-TMII-Cilincing), ruas tol Ulujami-Pondok Aren, ruas tol Jakarta-Tangerang, dan ruas tol Bogor Outer Ring Road (BORR).

Setelah itu, ditargetkan 14 ruas tol lagi yang akan diimplementasikan secara bertahap.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Adityawarman menambahkan, implementasi pembayaran kartu tunggal cukup sulit diterapkan di ruas tol dalam kota.

"Karena banyak juga ruas tol dalam kota yang dikelola swasta," kata Adityawarman.

Sebagai informasi, sampai dengan Desember 2015, penetrasi pembayaran elektronik di seluruh ruas tol yang akan dioperasikan Jasa Marga mencapai 15,6 persen dari total transaksi.

Sedangkan Gardu Tol Otomatis (GTO) yang beroperasi pada 2015 yaitu sebanyak 399 buah GTO atau 40 persen dari keseluruhan gardu tol operasi.

Sementara itu, pada akhir 2016 ini ditargetkan jumlah GTO menjadi 507 buah atau 50 persen dari keseluruhan gardu operasi, sehingga akan meningkatkan jumlah penetrasi pembayaran elektronik di seluruh ruas tol.

Hadir dalam peluncuran kartu e-Payment Toll selain Rini dan Adityawarman, diantaranya Direktur Utama PT BRI (Persero) selaku Ketua Umum Himbara, Asmawi Syam, Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Budi Gunadi Sadikin, Direktur Utama PT BNI (Persero) Achmad Baiquni dan Direktur Utama PT BTN (Persero) Maryono.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X