Jateng Siapkan KUR Berbunga 2 Persen

Kompas.com - 21/03/2016, 14:11 WIB
ILUSTRASI shutterstockILUSTRASI
|
EditorJosephus Primus
 

SEMARANG, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam waktu dekat segera menyiapkan kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga yang sangat rendah. KUR ditujukan untuk bagi warga miskin di perdesaan yang hendak berwirausaha. “Kami lagi coba buat kredit usaha baru, maksimal pinjaman Rp 2 juta dengan bunga dua persen setahun,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di sela pelantikan Bupati Grobogan di Gedung Gradika Bhakti Praja Semarang, Senin (21/3/2016).

Dana dari sumber KUR, kata Ganjar, telah dikumpulkan dari dana pertanggungjawaban sosial perusahaan atau dana coorporate social responbility (CSR). Saat ini anggaran untuk itu telah tersedia Rp 50 miliar. “Dana dari CSR yang dihimpun sebanyak Rp 50 miliar. Orang berharap orang miskin bisa diberi fasilitas, tidak hanya diberi bantuan saja,” tambah pria 47 tahun ini.

Selain bunga KUR 2 persen dari dana CSR, pemerintah Jateng juga sedang menggenjot dan memperbanyak unit usaha kecil dan menengah. Kata Ganjar, KUR untuk mereka dengan bunga rendah telah difasilitasi pemerintah. “Sekarang lagi mau dicoba dari Bank Jateng untuk tingkat daerah akan diterapkan bunga rendah 7 persen setahun,” tambahnya.

Dengan pemberian kredit ini, Ganjar berharap semakin banyak usaha baru yang bermunculan, sehingga mengurangi angka kemiskinan yang ada di daerah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X