Pemerintah China Minta Delapan ABK KM Kway Fey 10078 Dikembalikan

Kompas.com - 21/03/2016, 19:30 WIB
Salah satu kapal angkatan laut China ReutersSalah satu kapal angkatan laut China
|
EditorAprillia Ika
JAKARTA, KOMPAS.com - Delapan ABK kapal ikan asing asal China, KM Kway Fey 10078 berhasil diamankan oleh kapal pengawas KP Hiu 11 karena kedapatan melakukan penangkapan ikan secara ilegal di perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia pada Sabtu (21/3/2016).

Sementara itu, barang bukti berupa kapal KM Kway Fey 10078 terpaksa dilepaskan lantaran adanya 'intervensi' dari coastguard China.

Sun Weide, Kuasa Usaha Sementara China di Indonesia, usai bertemu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan pihak China meminta pemerintah Indonesia untuk mengembalikan kedelapan ABK yang diinvestigasi.

Mendengar permintaan dari pihak China itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menegaskan, tentu saja pemerintah Indonesia akan mengembalikan kedelapan ABK ke China. Tetapi, setelah selesainya proses investigasi.

"Untuk delapan ABK tadi, saya bilang kepada perwakilan kedutaan China (Weide) bahwa kita akan proses sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku di Indonesia," kata Susi dalam konferensi pers, di kantornya, Jakarta, Senin (21/3/2016).

Susi memastikan, keselamatan para ABK yang kesemuanya berkewarganegaraan China itu terjamin. Susi bilang, pemerintah Indonesia akan memperlakukan ABK China dengan baik.

"Tetapi investigasi tetap harus berjalan. Jadi, kita akan kembalikan mereka semua, setelah investigasi kita," kata Susi.

Kedelapan ABK tersebut merupakan awak kapal yang tengah melakukan penangkapan ikan di wilayah ZEE Natuna, dengan menggunakan KM Kway Fey 10078.

Mereka adalah Yan Kung Yu (47) (nakhoda), Chen Xui Bin (31), Chen Jie Yu (46), Can Min Yen (47), Wang Jia De (47), Lau Saw Yang (47), Lau Yan Cun (44), serta Chan Fageng (40).

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X