Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Bandara Silangit, AP II Siapkan Rp 135 Miliar

Kompas.com - 22/03/2016, 13:53 WIB
TAPANULI UTARA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (AP II) menyiapkan anggaran sebesar Rp 135 miliar untuk pengembangan Bandara Silangit.

Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi menuturkan dana tersebut akan dialokasikan untuk pengembangan landasan pacu serta terminal penumpang. Pengembangan akan dilakukan mulai tahun ini.

"Pada tahun ini semua pengembangan dimulai, dari penambahan lebar landasan pacu dari 30 meter menjadi 45 meter, serta penambahan panjang landasan menjadi 2.650 meter dari saat ini 2.400 meter," ujarnya di sela-sela penerbangan langsung perdana dari Bandara Soekarno-Hatta ke Silangit, Selasa (22/3/2016).

Selain itu, perseroan juga akan melakukan pemagaran di sekeliling bandara. Diharapkan dengan pengembangan bandara ini, industri pariwisata di kawasan Danau Toba akan berkembang.

Hingga saat ini bari Garuda Indonesia yang melayani penerbangan langsung dari Jakarta ke Bandara Silangit. Di luar itu, bandara ini juga melayani rute lainnya seperti Silangit ke Meda, Nias, serta Batam. 

Sementara itu, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan berharap pengembangan bandara ini akan diikuti oleh bertambahnya frekwensi penerbangan, utamanya dari Jakarta.

"Kami siap menyambut wisatawan yang datang untuk berkunjung ke Danau Toba. Semoga segera ada tambahan penerbangan ke Silangit," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com