Benarkah Aplikasi Online Mengancam Bisnis Taksi Konvensional?

Kompas.com - 22/03/2016, 19:59 WIB
Taksi reguler jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) Honda Mobilio yang diluncurkan PT Blue Bird Tbk. Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Taksi reguler jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) Honda Mobilio yang diluncurkan PT Blue Bird Tbk.
EditorWisnubrata
JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan pantauan Kompas.com terhadap sejumlah saham taksi pada Selasa (22/3/2016), menarik dicermati bagaimana saham-saham perusahaan taksi dalam setahun ini ternyata mengalami penurunan signifikan.

Saham PT Blue Bird Tbk pada penutupan perdagangan di Selasa stagnan di level 6.400. Padahal pergerakan saham taksi dengan lambang burung biru ini sempat berkisar antara level 6.275 hingga 6.450.

Uniknya, emiten berkode saham BIRD ini, jika ditilik selama setahun belakangan, harga sahamnya ternyata sudah anjlok 34,68 persen.

Perusahaan taksi lain, PT Express Transindo Utama Tbk, operator taksi Express, pada Selasa, harga sahamnya naik 0,86 persen atau naik 2 poin ke level 235.

Sebelumnya, saham taksi Express dengan kode saham TAXI ini dibuka di level 237, dengan pergerakan saham di 235 hingga 248, dan mencatatkan volume penjualan 212,75 juta saham.

Saham taksi Express memang terlihat naik pada Selasa, gara-gara ada demo angkutan darat yang berlangsung ricuh. Sementara yang banyak disorot media adalah taksi Blue Bird.

Tapi jika dilihat dalam setahun, saham Express sudah terjun bebas hingga 74,03 persen.

Bagaimana dengan saham perusahaan taksi atau perusahaan angkutan lain?

Mari kita tengok saham PT Citra Maharlika Nusantara Tbk, perusahaan angkutan yang juga mengoperasikan taksi Cipaganti.

Pada perdagangan saham Selasa, tidak ada pergerakan saham taksi dengan kode saham CPGT ini. Saham CPGT tetap di level 50.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X