Pengetatan Anggaran, Permintaan Susi Tambah Kapal Bakal Sulit?

Kompas.com - 22/03/2016, 20:49 WIB
|
EditorM Fajar Marta
JAKARTA, KOMPAS.com - Hasrat Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti untuk memperkuat pengawasan di wilayah perairan Indonesia, dengan penambahan armada kapal patroli, nampaknya harus diredam.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang PS Brodjonegoro mengkonfirmasi, pemerintah berencana melakukan pengetatan anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2016.

"Pesan Presiden, APBN-P itu motong belanja," kata Bambang ketika ditanya kemungkinan usulan KKP untuk penambahan kapal patroli di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (22/3/2016).

Dalam konferensi pers di kantornya kemarin Senin (21/3/2016), Susi mengakui pengawasan laut Indonesia masih kurang mumpuni bila dibanding dengan luas wilayah perairan Indonesia.

Sebagai konsekuensinya, banyak kegiatan penangkapan ikan secara ilegal oleh kapal asing yang tidak terpantau.

Susi juga menyayangkan kurangnya kapal patroli berukuran besar, sehingga kurang mendukung proses pemberantasan aktivitas penangkapan ikan secara ilegal.
(Baca: Susi: Kapal "Coastguard" China Mempunyai Persenjataan Lengkap)

Secara terpisah, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyampaikan pihaknya menargetkan menambah kapal patroli menjadi dua kali lipat hingga 2019.

Saat ini kapal patroli yang dimiliki Kementerian Perhubungan sekitar 400 unit, dengan berbagai kelas.

"Targetnya sampai 2019, nambah 100 unit untuk kapal patroli kelas satu, sisanya kelas dua dan tiga," kata Jonan.

Dengan luas wilayah perairan mencapai 1,1 juta kilometer persegi, Jonan memperhitungkan, idealnya Indonesia memiliki 1.000 unit kapal patroli coastguard.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.