Serangan Bom di Brussels Bikin Bisnis Pariwisata Eropa Anjlok Lagi

Kompas.com - 23/03/2016, 13:49 WIB
|
EditorJosephus Primus

BRUSSELS, KOMPAS.com - Aksi ledakan bom di Brussels, Belgia, menggiring industri pariwisata dan perjalanan Eropa anjlok sekali lagi. Pasalnya, industri pariwisata Eropa tengah berusaha kembali bangkit dari keterpurukan pascaaksi teror di Paris, Prancis beberapa waktu lalu yang menimbulkan banjir pembatalan perjalanan dan pemesanan hotel.

Mengutip The Wall Street Journal, Rabu (23/3/2016), semua akses dari dan ke Brussels ditutup. Pihak berwenang menutup seluruh bandara dan stasiun kereta api, serta meminta warga untuk meminimalisasikan mobilisasi.

Sementara itu, kereta cepat Eropa yang melayani rute Paris-Brussels-Amsterdam tidak beroperasi. Hal ini menimbulkan penumpukan penumpang di peron dan stasiun.

DIRK WAEM / BELGA / AFP Foto kerusakan di Bandara Brussels, Belgia akibat dua ledakan bom pada Selasa (22/3/2016). Ledakan menyebabkan belasan orang meninggal dunia.

Adapun penutupan bandara Zaventem memaksa maskapai penerbangan membatalkan penerbangan atau mengalihkan pesawat yang masih di udara atau yang akan mendarat ke bandara lain.

Delta Air Lines Inc, misalnya, mengalihkan penerbangan dari New York ke Amsterdam. Sementara itu, American Airlines Group Inc dan United Continental Holdings Inc menyatakan penerbangan ke Brussels ditunda sampai ada pemberitahuan selanjutnya.

Tak hanya itu, Deutsche Lufthansa AG menyatakan membatalkan 11 penerbangan menuju Brussels dari Jerman. Emirates Airlines mengalihkan penerbangan ke Dusseldorf, Jerman dan membatalkan penerbangan kembali ke Brussels.

Di lantai bursa, investor melepas saham emiten terkait perjalanan dan pariwisata. Saham Air France-KLM menukik 4,9 persen pada perdagangan pagi hari waktu setempat, sementara saham jaringan hotel asal Perancis, AccorHotels SA ambruk 3,4 persen dan jaringan hotel asal Inggris InterContinental Hotels Group PLC terkikis 1,8 persen.

Industri pariwisata Eropa menempati peringkat 10 komponen ekonomi kawasan tersebut. Kunjungan wisatawan asing menyumbang pendapatan yang siginifikan, juga menggenjot penjualan ritel, industri penerbangan, dan jasa hospitality.

vesti24/instagram Ledakan di bagian pelaporan (check in) pesawat American Airlines di Bandara Brussels, Belgia, Selasa (22/3/2016) pagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.