Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendag Inisiasi Ekspor Benang ke Brasil Senilai 1 Juta Dollar AS

Kompas.com - 24/03/2016, 05:40 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Program buying mission kembali memberikan kontribusi bagi ekspor nasional.

CTM Representação e Gestão Corporativa Ltda (CTM) asal Brasil menandatangani kontrak pembelian produk benang dari dua perusahaan di Indonesia pada Rabu (23/3/2016).

CTM yang berdiri sejak 1992 adalah perusahaan Brasil yang memasok kebutuhan benang atau yarn di Brasil dan negara Amerika Latin lainnya seperti Kolombia, Argentina, dan Paraguay.

Dua perusahaan tersebut yakni PT Ramagloria Sakti Tekstil dan PT Excellence Qualities Yarn asal Indonesia, dengan total nilai kontrak sebesar 1 juta dollar AS.

Sebagaimana diketahui, program buying mission yang menjadi inisiatif baru Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk meningkatkan ekspor sejak 2014.

"Kali ini buying mission kembali berhasil menguatkan potensi ekspor ke negara nontradisional,” jelas Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Nus Nuzulia Ishak, kepada Kompas.com melalui rilis pers.

Dengan kontrak tersebut, PT Ramagloria Sakti Tekstil akan memasok produk benang dengan jenis 100 persen viscose ring spun yarn; 65 persen polyester and 35 persen viscose ring spun yarn; serta 100 persen polyester ring spun yarn kepada CTM senilai 500 ribu dollar AS.

Sementara dengan nilai yang sama, PT Excellence Qualities Yarn akan memasok produk benang dengan jenis yang berbeda yaitu 100 persen viscose open end and vortex yarn, 65 persen polyester and 35 persen viscose vortex yarn; serta 100 persen polyester vortex yarn.

Kepala ITPC Sao Paulo Tonny Hendriawan mengungkapkan, Brasil yang berpenduduk sekitar 204 juta orang merupakan pasar potensial bagi Indonesia.

"Industri tekstil dalam negeri Brasil yang utama adalah fabric, apparel, garment, dan fashion yang produknya dipasarkan ke negara-negara Amerika Latin lainnya," kata Tonny.

Menurut Tonny, Indonesia harus mengambil peluang lebih besar lagi melalui benang yang merupakan salah satu rantai produk dalam industri tekstil Brasil.

Sebelumnya, ekspor produk benang asal Indonesia ke Brasil menurun drastis. Nilai ekspor benang Indonesia ke Brasil mencapai 280,5 juta dollar AS pada 2014 turun hingga menjadi 215,5 juta dollar AS pada 2015.

Total ekspor produk benang Indonesia ke dunia pada 2015 mencapai 4,3 miliar dollar AS.

Dari nilai tersebut, Brasil merupakan negara tujuan ekspor ke-5 untuk produk benang Indonesia dengan nilai ekspor mencapai 215 juta dollar AS pada 2015 (pangsa pasar 5 persen).

Berdasarkan data ITC pada 2014, Indonesia merupakan pemasok terbesar ke-2 untuk produk benang di Brasil dengan pangsa pasar mencapai 10,96 persen dari total impor benang Brasil dari dunia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com