Pabrik Baru Milik Sinar Mas Bakal Ekspor 3 Juta Ton Pulp dan Kertas Per Tahun

Kompas.com - 24/03/2016, 18:40 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

OGAN KOMERING ILIR, KOMPAS.com - Produsen kertas milik Grup Sinar Mas, PT Asia Pulp & Paper tengah membangun pabrik bubur kertas (pulp) dan kertas di bawah PT OKI Pulp & Paper di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

Pabrik ini ditargetkan bakal memproduksi total 3 juta ton produk pulp dan tisu.

Managing Director Sinar Mas G. Sulistiyanto menjelaskan, pabrik tersebut mulai dibangun pada tahun 2014 silam dan ditargetkan mulai beroperasi penuh pada akhir tahun 2016 ini.

Produk pulp dan tisu yang diproduksi hampir seluruhnya diperuntukkan bagi pasar ekspor.

"Volumenya nanti akan menghasilkan 2 juta ton pulp dan setengah juta ton tisu. Semuanya, 95 persen untuk ekspor. Nilainya 1,5 miliar dollar AS," kata Sulistiyanto di area pabrik PT OKI Pulp & Paper di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Kamis (24/3/2016).

Sulistiyanto mengungkapkan nilai investasi untuk pabrik ini mencapai sekitar Rp 35 triliun atau 3 miliar dollar AS. Adapun kontribusinya terhadap pendapatan ekspor Sinar Mas akan mencapai 1,5 miliar dollar AS.

Sulistiyanto memaparkan, saat ini pembangunan pabrik sudah mencapai 75 persen. Pada saat peresmiannya pada akhir tahun 2016 nanti, direncanakan Presiden Joko Widodo akan hadir dan meresmikan secara langsung.

"Di tahun itu juga sudah bisa ekspor. Insya Allah, Presiden katanya mau meresmikan. Produknya akan diekspor ke seluruh dunia, baik pulp dan tisu," terang Sulistiyanto.

Pabrik PT OKI Pulp & Paper di Ogan Komering Ilir menempati lahan seluas 588.000 hektar. Bupati Ogan Komering Ilir Iskandar pada kesempatan yang sama memaparkan, area pabrik tersebut menempati sepertiga wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.