Pemerintah akan Turunkan Harga BBM pada April

Kompas.com - 24/03/2016, 19:10 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui rapat koordinasi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian memutuskan akan mengevaluasi harga bahan bakar minyak (BBM) per April 2016.

Hal ini sesuai dengan ketentuan jangka waktu evaluasi harga BBM tiga bulanan. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said usai rapat menyampaikan, harga baru BBM nanti akan berlaku untuk periode April-Juni 2016.

Pembahasan harga BBM ini juga terkait dengan harga penilaian produk untuk perdagangan minyak di kawasan Asia atau Mean of Platts Singapore (MOPS) yang cenderung menurun dalam tiga bulan terakhir.

"Turunnya (berapa), mungkin dalam satu,dua hari akan kami simpulkan harganya turunnya signifikan," kata Sudirman di Jakarta, Kamis (24/3/2016).

Sudirman menjelaskan, selain nilai MOPS yang cenderung mengalami penurunan, terjadi pula efisiensi rantai pasokan BBM. Sehingga pasokan BBM makin baik dan stabil, serta mendorong penurunan harga BBM.

Sudirman menambahkan, meski turun, namun penurunan harga BBM akan dijaga di level yang tepat guna menjaga stabilitas paska-Juni.

Dia bilang, harga BBM yang baru masih akan sedikit di atas harga keekonomian, guna mengantisipasi potensi kenaikan di bulan Juli.

"Maka akan ketemu formula harga yang tidak persis paling bawah, tetapi mendekati harga keekonomian," ucap mantan Dirut PT Pindad (Persero) itu.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menuturkan, pemerintah ingin menjaga stabilitas harga BBM agar tidak terjadi gejolak harga yang dapat merugikan masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.