Pemerintah Cari Masukan untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif pada ICCC di Malang

Kompas.com - 28/03/2016, 11:37 WIB
Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, di acara Popcon Asia 2015 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (7/8/2015). KOMPAS.com/RESKA K NISTANTOTriawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, di acara Popcon Asia 2015 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (7/8/2015).
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) 2016 akan segera digelar di Kota Malang, 30 Maret -5 April 2016 mendatang.

Deputi Bidang Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Hari S. Sungkari mengatakan acara ini diharapkan bisa memberikan panduan panduan dalam mengembangkan ekonomi kreatif di seluruh kota-kabupaten Indonesia.

"Bekraf telah merumuskan 16 subsektor industri kreatif sebagai garapannya untuk dikembangkan dalam rangka menopang perekonomian nasional," ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (28/3/2016).

Adapun 16 subsektor industri kreatif tersebut adalah aplikasi dan pengembangan game, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fesyen, film, animasi video, fotografi, kriya (kerajinan), kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi dan radio.

Harian Kompas Kontribusi Ekonomi Kreatif terhadap PDB dan Ekspor Indonesia

Dalam ICCC yang akan digelar, diharapkan akan ada masukan untuk pengembangan 16 subsektor industri kreatif tersebut.

Bekraf mencatat ekonomi kreatif telah menyumbang Rp 642 triliun atau 7,05 persen dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia dalam setahun terakhir.

Untuk itu, Bekraf menargetkan kontribusi ekonomi kreatif bisa meningkat hingga 12 persen di akhir pemerintahan Jokowi pada tahun 2019.  



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X