Soetrisno Bachir: Moratorium Kapal Eks Asing Bu Susi Sudah Tepat, tapi...

Kompas.com - 31/03/2016, 14:44 WIB
Soetrisno Bachir Icha RastikaSoetrisno Bachir
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir menilai, kebijakan moratorium kapal eks asing sudah tepat. Sebab, tutur dia, kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sudah menyentuh pokok persoalan di sektor kelautan dan perikanan.

"Moratorium kapal eks asing (Bu Susi) itu sudah tepat dalam mengatasi persoalan ikan kita yang dicuri," ujar Soetrisno di Jakarta, Kamis (31/3/2016).

Menurut dia, persoalan utama di sektor kelautan dan perikanan nasional adalah persoalan ikan nasional yang banyak dicuri. Pencurinya yakni para pelaku illegal fishing dengan menggunakan kapal-kapal asing.

Sementara itu, kebijakan moratorium kapal eks asing dan pelarangan bongkar muat kapal di tengah laut oleh Menteri Susi membuat kapal-kapal ikan asing tidak bisa lagi seenaknya masuk ke wilayah Indonesia.

Namun, tutur Soetrisno, masih banyak hal yang harus diperbaiki setelah kebijakan itu diterapkan. Sebab, sebagian pelaku industri perikanan terkena imbas dari kebijakan itu.

"Nah, bahwa itu ada akibat dari itu, ada perusahaan-perusahaan di Indonesia mengalami kesulitan, kita cari solusinya," kata dia.

KEIN sendiri siap menjadi penengah untuk menjembatani para pelaku usaha di sektor perikanan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Surat Wapres

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengirim surat kepada Menteri Susi untuk mengevaluasi berbagai kebijakannya lantaran dinilai sudah menyebabkan peningkatan kemiskinan dan pengangguran di sejumlah daerah.

Berbagai data yang diungkapkan Wapres dalam suratnya itu didapatkan setelah melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah.

Kompas TV Kapal Berbendera Malaysia Ditenggelamkan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.