Ridwan Kamil Manfaatkan Kebiasaan "Nongkrong" untuk Kembangkan Ekonomi Kreatif

Kompas.com - 31/03/2016, 16:19 WIB
Walikota Bandung Ridwan Kamil sedang berbicara kepada media bersama Walikota Malang Mochamad Anton (kedua dari kirim) dan Kepada Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf (ketiga kiri), Kamis (31/3/2016). KOMPAS.com / Bambang PJWalikota Bandung Ridwan Kamil sedang berbicara kepada media bersama Walikota Malang Mochamad Anton (kedua dari kirim) dan Kepada Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf (ketiga kiri), Kamis (31/3/2016).
EditorBambang Priyo Jatmiko

MALANG, KOMPAS.com - Kota Bandung dinilai menjadi salah satu kota yang berhasil mengembangkan ekonomi kreatif. Lantas, apa resep Walikota Bandung Ridwan Kamil untuk mencapai prestasi itu?

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil menyebut ada sebuah kebiasaan yang hadir di kalangan anak muda Bandung yang mampu menumbuhkan potensi ekonomi kreatif. Kebiasaan itu adalah nongkrong.

Menurut Emil, dari nongkrong, banyak anak muda Bandung yang akhirnya bisa mengembangkan bisnisnya di sektor ekonomi kreatif.

"Anak-anak yang suka musik, nongkrong bareng, akhirnya muncul grup musik rock. Bagi yang senang bisnis, mereka kumpul-kumpul akhirnya lahir distro pakaian. Banyak industri kreatif di Bandung yang diawali dengan nongkrong," ujarnya saat berbicara di ajang Konferensi Kota Kreatif Indonesia (ICCC) 2016, Kamis (31/3/2016).

Emil menyebut, industri kreatif banyak muncul dari kota-kota yang lapis kedua, yang memungkinkan masyarakatnya bisa berinteraksi satu dengan yang lain di ruang publik.

Hal ini berbeda dengan kota utama seperti jakarta, di mana interaksi masyarakatnya tidak seperti kota-kota lapis kedua.

"Karena itu, salah satu program kami di Bandung adalah memperbanyak ruang publik agar berbagai gagasan bisa bertemu. Hal inilah yang membuat ekonomi kreatif bisa berkembang," ujar dia.

Melalui ruang publik, energi anak muda yang berlebih bisa disalurkan ke berbagai hal yang positif. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X