Jubir JK Beberkan Pertemuan Segitiga antara Presiden, Wapres, dan Susi

Kompas.com - 31/03/2016, 17:30 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Wakil Presiden Jusuf Kalla, Husain Abdullah, membeberkan pertemuan segitiga antara Presiden Jokowi, Wapres, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Dalam pertemuan itu kata dia, terungkap bahwa Menteri Susi Pudjiastuti belum pernah datang langsung ke Bitung Sulawesi Utara. Bitung dinilai sebagai daerah yang industri perikanannya mati suri akibat kebijakan Menteri Susi.

"Terungkap jika Susi tidak pernah ke Bitung, melihat industri perikanan yang mati suri," kata Husain kepada Kompas.com, Jakarta, Kamis (31/3/2016).

Menurut dia, lantaran belum pernah ke Bitung, Menteri Susi diperintahkan Presiden dan Wapres untuk turun langsung melihat kondisi nelayan dan industri perikanan disalah satu kota di Sulawesi Utara itu.

Menurut Husain, pertemuan segitiga di Istana Negara pada 21 Maret 2016 itu digagas langsung oleh Wapres JK usai melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah.

Dalam pertemuan itu ucap Husain, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa dirinya sudah berkali-kali meminta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengevaluasi berbagai kebijakannya.

"Namun tidak dilakukan oleh Susi," kata Husain. (Baca: Jubir JK Tegaskan Surat "Teguran" ke Menteri Susi Bukan Pesanan Pengusaha)

Dalam kunjungan kerja di Bitung, Tual, dan Banda, Wapres mendapatkan fakta lapangan bahwa industri sektor perikanan terpuruk akibat kebijakan moratorium kapal eks asing, transhipment, dan pengaturan sertifikasi kapal.

Misalnya, kebijakan Susi dianggap telah mengakibatkan angka pengangguran dan kemiskinan disejumlah daerah meningkat. Selain itu, produksi industri perikanan juga anjlok.

Sebelumnya, Menteri Susi sudah menegaskan bahwa semua pekerjaan yang ia lakukan, termasuk kebijakan moratorium kapal eks pemilik asing, pelarangan bongkar muat kapal di tengah laut (transhipment), dan pengaturan sertifikasi kapal, sudah mendapat restu Presiden Jokowi.

"Semua pekerjaan saya pasti selalu diskusi dengan Pak Presiden," tegas Susi. (Baca: Susi Tegaskan Presiden Setuju Perikanan Tangkap Dikuasai Seutuhnya oleh Indonesia

Kompas TV Kapal Berbendera Malaysia Ditenggelamkan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.