Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jubir JK Beberkan Pertemuan Segitiga antara Presiden, Wapres, dan Susi

Kompas.com - 31/03/2016, 17:30 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Wakil Presiden Jusuf Kalla, Husain Abdullah, membeberkan pertemuan segitiga antara Presiden Jokowi, Wapres, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Dalam pertemuan itu kata dia, terungkap bahwa Menteri Susi Pudjiastuti belum pernah datang langsung ke Bitung Sulawesi Utara. Bitung dinilai sebagai daerah yang industri perikanannya mati suri akibat kebijakan Menteri Susi.

"Terungkap jika Susi tidak pernah ke Bitung, melihat industri perikanan yang mati suri," kata Husain kepada Kompas.com, Jakarta, Kamis (31/3/2016).

Menurut dia, lantaran belum pernah ke Bitung, Menteri Susi diperintahkan Presiden dan Wapres untuk turun langsung melihat kondisi nelayan dan industri perikanan disalah satu kota di Sulawesi Utara itu.

Menurut Husain, pertemuan segitiga di Istana Negara pada 21 Maret 2016 itu digagas langsung oleh Wapres JK usai melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah.

Dalam pertemuan itu ucap Husain, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa dirinya sudah berkali-kali meminta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengevaluasi berbagai kebijakannya.

"Namun tidak dilakukan oleh Susi," kata Husain. (Baca: Jubir JK Tegaskan Surat "Teguran" ke Menteri Susi Bukan Pesanan Pengusaha)

Dalam kunjungan kerja di Bitung, Tual, dan Banda, Wapres mendapatkan fakta lapangan bahwa industri sektor perikanan terpuruk akibat kebijakan moratorium kapal eks asing, transhipment, dan pengaturan sertifikasi kapal.

Misalnya, kebijakan Susi dianggap telah mengakibatkan angka pengangguran dan kemiskinan disejumlah daerah meningkat. Selain itu, produksi industri perikanan juga anjlok.

Sebelumnya, Menteri Susi sudah menegaskan bahwa semua pekerjaan yang ia lakukan, termasuk kebijakan moratorium kapal eks pemilik asing, pelarangan bongkar muat kapal di tengah laut (transhipment), dan pengaturan sertifikasi kapal, sudah mendapat restu Presiden Jokowi.

"Semua pekerjaan saya pasti selalu diskusi dengan Pak Presiden," tegas Susi. (Baca: Susi Tegaskan Presiden Setuju Perikanan Tangkap Dikuasai Seutuhnya oleh Indonesia

Kompas TV Kapal Berbendera Malaysia Ditenggelamkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com