Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Daya Saing, Bank BJB dan 10 BPR Kerja Sama Tata Kelola Terintegrasi

Kompas.com - 31/03/2016, 18:00 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk atau Bank BJB meneken Perjanjian Kerja Sama dengan anak perusahaan dan perusahaan terelasi yaitu Bank Perkreditan Rakyat (BPR) milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar).

Perjanjian ini untuk dibuat untuk pelaksanaan tata kelola terintegrasi dan manajemen risiko terintegrasi konglomerasi keuangan Bank BJB.

Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank BJB Agus Mulyana mengemukakan, kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi peraturan OJK No. 18/POJK.03/2014 tanggal 19 November 2014 Perihal Tata Kelola Terintegrasi Konglomerasi Keuangan. 

Juga memenuhi POJK No. 17/POJK.03/2014 tanggal 19 November 2014 Perihal Penerapan Manajemen Risiko Terintagrasi Bagi Konglomerasi Keuangan.

Sebanyak 10 BPR menandatangani PKS ini, yakni PT BPR Intan Jabar, PT BPR Karya Utama Jabar, PT BPR Cipatujah Jabar, PD BPR LPK Cimerak Ciamis, PT BPR Cianjur Jabar, PD BPR LPK Cigasong, PD BPR LPK Panyingkiran, PD BPR Cingambul, PD BPR LPK Banjaran, dan PD BPR LPK Bekasi.

"Dengan adanya penunjukan Bank BJB sebagai entitas utama, kami ikut mendorong terciptanya tata kelola perusahaan yang baik dan pengelolaan risiko yang baik pada anggota konglomerasi keuangan Bank BJB," kata Agus Mulyana dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (31/3/2016).

Agus mengemukakan, penandatanganan PKS juga merupakan komitmen Bank BJB untuk mendorong pertumbuhan BPR milik Pemprov Jabar, pemkab/pemkot di Jabar, dan Bank BJB yang pada akhirnya dapat memacu perekonomian di provinsi ini.

Menurutnya, selain dengan 10 BPR, kerja sama ini juga akan dilakukan dengan BPR-BPR terafiliasi lainnya yang akan dilakukan secara bertahap.

"Kami punya 27 BPR yang terkonsolidasi dan terafiliasi. Ini tahap pertama, yang lainnya menyusul. Ini merupakan hal yang positif untuk menambah daya saing BPR. Tata kelola dan manajemen risiko BPR harus lebih baik di tengah persaingan yang makin ketat," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama BPR Intan Jabar Aam Muhammad mengatakan jalinan tata kelola dan manajemen risiko terintegrasi ini merupakan langkah yang bagus untuk meningkatkan profesionalisme BPR Intan Jabar.

Menurut dia, sebelum masuk ke entitas induk Bank BJB, hal-hal seperti ini masih belum dilakukan.

"Namun setelah kita lakukan dengan adanya pelatihan dan bimbingan dari Bank BJB, hal tersebut menjadi acuan, BPR menjadi lebih profesional dan hati-hati," tutupnya.

Kompas TV BJB Paling Bersinar di 2015

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com