Anak Muda dan Budaya Populer Jadi Kunci Keberhasilan Pembentukan Kota Kreatif

Kompas.com - 31/03/2016, 19:02 WIB
Walikota Bandung Ridwan Kamil sedang berbicara kepada media bersama Walikota Malang Mochamad Anton (kedua dari kirim) dan Kepada Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf (ketiga kiri), Kamis (31/3/2016). KOMPAS.com / Bambang PJWalikota Bandung Ridwan Kamil sedang berbicara kepada media bersama Walikota Malang Mochamad Anton (kedua dari kirim) dan Kepada Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf (ketiga kiri), Kamis (31/3/2016).
EditorBambang Priyo Jatmiko

MALANG, KOMPAS.com - Peran anak muda yang berkecimpung dalam industri kreatif sangat signifikan dalam pembentukan kota kreatif.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf menuturkan kota kreatif bertumpu pada anak muda yang mampu menciptakan budaya populer.

"Kalau kita lihat Korea, industri kreatifnya sangat maju karena ditopang oleh budaya populer seperti film dan drama. Yang menciptakan itu adalah para anak muda," ujarnya dalam Konferensi Kota Kreatif Indonesia (ICCC) 2016, Kamis (31/3/2016).

Menurut Triawan, hal lain yang juga menentukan keberhasilan dari kota kreatif adalah 3 T, yaitu talenta, teknologi dan toleransi.

Talenta atau kreativitas yang dimiliki oleh masyarakat di sebuah kota akan menjadi salah satu modal bagi tumbuhnya kota kreatif. "Selain itu, mereka harus melek teknologi serta bisa menjaga toleransi," lanjut Triawan.

Sementara itu, Walikota Bandung Ridwan Kamil menilai kultur masyarakat setempat bisa menjadi titik awal bagi dimulainya kota kreatif.

Dia mencontohkan di Bandung, banyak anak muda yang suka nongkrong dan berbagi dengan anak muda lainnya. Dari situ, lahirlah industri kreatif yang cukup banyak.

"Selanjutnya pemerintah juga ikut campur agar industri kreatif bisa berjalan tanpa menemui ganjalan," jelas RIdwan Kamil.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X