"Saya Setuju dengan Pak Jokowi, Kebijakan Bu Susi Perlu Dievaluasi..."

Kompas.com - 01/04/2016, 06:45 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan era Megawati Rokhmin Dahuri mengatakan memang seharusnya kebijakan Susi Pudjiastuti dievaluasi.

Menurut dia, kebijakan Menteri Susi hanya fokus pada tujuan kelestarian tanpa memperhatikan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan.

Seperti kebijakan moratorium kapal eks asing misalnya, Rokhmin mengatakan di dunia manapun tidak ada bentuk moratorium seperti yang diberlakukan Susi.

"Misal Amerika Serikat pada tahun 60-an melakukan moratorium untuk California sardin, perikanan sardin khusus untuk daerah California," kata lulusan Institut Pertanian Bogor itu kepada Kompas.com, Kamis (31/3/2016).

Menurut dia, seharusnya moratorium dilakukan di daerah yang sudah mengalami kelangkaan ikan akibat over fishing.

Tetapi di daerah yang masih under fishing justru harus ditingkatkan upaya tangkapnya atau jumlah kapalnya.

Apalagi, sambung Rokhmin, masalah utama di Indonesia saat ini adalah pengangguran dan kemiskinan.

"Kasihan Pak Jokowi kan, janji kampanye ingin lebih baik dari SBY. SBY mewariskan pertumbuhan 5,2 persen, tahun 2015 malah jadi 4,8 persen," ucap Rokhmin.

"Jadi menurut saya berdasarkan proses penyusunan kebijakannya maupun hasilnya, itu menurut saya perlu dievaluasi. Saya setuju dengan pak Presiden Jokowi," pungkas Rokhmin.

Kompas TV Kapal Berbendera Malaysia Ditenggelamkan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.