Kompas.com - 01/04/2016, 18:32 WIB
Ilustrasi: Pembeli mengisi BBM jenis Premium di SPBU Ghulam/OtomaniaIlustrasi: Pembeli mengisi BBM jenis Premium di SPBU
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar yang berlaku mulai 1 April 2016 diharapkan bisa dipertahankan.

Dengan demikian inflasi bahkan hingga puasa dan lebaran nanti bisa cukup terkendali.

"Semoga harga BBM bisa stabil, kalau itu stabil pasti inflasi juga stabil," ungkap Sasmito Jadi Wibowo, Deputi Bidang Statistik, Distribusi, dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) di Jakarta, Jumat (1/4/2016).

Sebelumnya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyampaikan, penurunan harga BBM akan dipertahankan hingga enam bulan ke depan.

Pertimbangannya adalah mengurangi pengaruh fluktuasi harga minyak di masa-masa puasa dan lebaran.

(Baca: Harga Premium dan Solar Turun, Harga Minyak Tanah Tetap)

Sebagaimana diketahui, PLN juga telah menurunkan tarif listrik untuk 12 pelanggan golongan non-subsidi yang berlaku mulai per 1 April 2016.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sama halnya dengan penurunan harga BBM yang akan berdampak terhadap tarif angkutan umum, penurunan tarif listrik pun akan mengurangi beban biaya produksi.

Justru, kata dia, yang perlu diantisipasi jelang lebaran adalah harga komoditas bahan makanan seperti cabai merah dan bawang merah. Meski bobotnya dalam inflasi kecil, akan tetapi biasanya perubahan harganya sangat tajam hingga 30-32 persen. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.