Bekraf Siapkan Skema Pendanaan untuk Pelaku Usaha Kreatif

Kompas.com - 02/04/2016, 08:19 WIB
Para pengembang aplikasi lokal tengah mengikuti Hackathon di Digital Lounge Telkom Malang, Rabu (30/3/2016). Kegiatan ini digelar untuk mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif. KOMPAS.com / Bambang PJPara pengembang aplikasi lokal tengah mengikuti Hackathon di Digital Lounge Telkom Malang, Rabu (30/3/2016). Kegiatan ini digelar untuk mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif.
EditorBambang Priyo Jatmiko

MALANG, KOMPAS.com - Badan Ekonomi Kreatif menyiapkan skema pendanaan bagi pelaku usaha kreatif dengan target perolehan dana sebesar Rp 500 miliar hingga Rp 1 triliun.

Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Fadjar Utomo mengatakan dana tersebut berasal dari berbagai komitmen pendanaan.

"Skema akan diberi nama DEKRAF atau Dana Ekonomi Kreatif. Dana yang dikumpulkan akan disalurkan melalui bentuk hibah, kredit, maupun penyertaan," ujarnya Jumat (1/4/2016) sore.

Menurut Fadjar, dana tersebut dibutuhkan pelaku usaha kreatif lantaran selama ini ekonomi kreatif kesulitan mendapatkan permodalan. Ini terjadi karena aset utama pelaku usaha kreatif adalah aset non-fisik atau intangible asset.

Sementara itu, Kepala Bekraf Triawan Munaf menyebutkan selama ini bank dan lembaga keuangan tidak mau memberikan fasilitas pinjaman, karena kurang memahami pola bisnis kreatif.

Salah satu yang menjadi ganjalan adalah bank dan lembaga keuangan tak bisa memasukkan gagasan atau ide sebagai aset.

"Karena itu kami akan mencoba bekerjasama dengan berbagai pihak agar pelaku ekonomi kreatif bisa mendapatkan dana," jelas Triawan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X