Bank Mandiri Kucuri Jasindo Rp 2,7 Triliun untuk Penjaminan Proyek

Kompas.com - 06/04/2016, 13:00 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memberikan fasilitas perbankan dengan skema commercial line kontra garansi senilai Rp 2,7 triliun kepada Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo).

Fasilitas ini akan digunakan Jasindo untuk penjaminan proyek. Melalui kerjasama ini, kontraktor nasabah Jasindo akan dapat menerbitkan bank garansi dari Bank Mandiri tanpa harus menempatkan dana sebesar 100 persen di bank. 

Selanjutnya, bank garansi tersebut dapat digunakan kontraktor untuk diberikan kepada pemilik proyek agar proyek dapat segera dilaksanakan.

Sebelumnya, Bank Mandiri dan Jasindo telah menandatangani kerjasama serupa pada 13 Maret 2015 dengan limit sebesar Rp 600 miliar.

Namun mengingat  besarnya kebutuhan para kontraktor pelaksana proyek yang dijamin Jasindo, fasilitas itu ditingkatkan menjadi Rp 2,7 triliun.

Menurut Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar, sinergi kerjasama bisnis antar BUMN ini diharapkan dapat mendorong dan membantu mengakselerasi pelaksanaan proyek infrastruktur pemerintah.

“Kerjasama ini juga memungkinkan Jasindo memberikan kepastian pembayaran klaim bagi pemilik proyek sebagai pihak yang menerima penjaminan dari asuransi Jasindo,” kata Royke dalam keterangan resmi, Rabu (6/4/2016).

Melalui kerjasama ini, perseroan juga berharap banyak kontraktor pelaksana proyek yang membuka rekening terpisah untuk transaksi operasionalnya di Bank Mandiri.

Sementara itu, Direktur Teknik & Luar Negeri Jasindo Syarifudin menjelaskan, kerjasama ini merupakan langkah yang bagus. 

Menurut dia, banyak pelaku usaha dan kontraktor pelaksana proyek yang menginginkan kerjasama dengan Bank Mandiri terutama untuk menggunakan produk Bank Garansi.

“Dengan berkembangnya bisnis commercial line kontra garansi, maka kami berharap akan adanya multiplier effect terhadap perkembangan perekonomian nasional,” kata Syarifudin.

Kompas TV Tantangan Bank Mandiri dengan Dirut Baru



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X