Pasokan Terbatas, Harga Paprika di Pasuruan Naik Dua Kali Lipat

Kompas.com - 06/04/2016, 14:49 WIB
Ilustrasi shutterstockIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

PASURUAN, KOMPAS.com - Harga paprika di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur naik akibat oleh rendahnya produktivitas karena terserang hama.

Suhariyanto, salah satu petani paprika di Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur mengatakan, harga paprika hijau Rp 22.000 per kilogram. Sedangkan paprika yang berwarna merah Rp 30.000 per kilogram.

Harga itu naik dari harga normal. Sebab, harga normal paprika yang berwarna hijau hanya Rp 12.000 per kilogram dan paprika yang berwarna merah Rp 18.000 per kilogram.

"Harga paprika sekarang lagi mahal. Karena barangnya sedikit," katanya kepada Kompas.com, Rabu (6/4/2016).

Dalam sebulan terakhir ini paprika di Kecamatan Tutur diserang hama berupa serangga kecil yang menghisap nutrisi daun dan merusak bentuk paprika. Hama itu hampir menyerang seluruh green house tanaman paprika yang ada di Kecamatan Tutur.

"Kami tidak tahu dari mana datangnya hama itu. Padahal sudah ada green house," jelasnya.

Meski begitu, serangan hama mulai menurun. Namun, dampak bagi kenaikan harga masih tetap. "Sekarang serangan hama itu sudah mulai turun. Tapi pengaruhnya terhadap harga masih tetap," ungkapnya.

Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Pasuruan, terdapat 84 hektar lahan yang ditanami paprika. Semua lahan itu ada di Kecamatan Tutur.

Pertahun, lahan seluas itu mampu menghasilkan 1.461 ton paprika dengan produktivitas 173,9 kwintal per hektar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X