Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham Eropa Ditutup Menguat, Didorong Saham H&M

Kompas.com - 07/04/2016, 07:20 WIB
Aprillia Ika

Penulis

LONDON/MILAN, KOMPAS.com - Pada perdagangan Rabu (6/4/2016) atau Kamis dini hari (WIB) bursa Eropa ditutup menguat, dimana indeks FTSEurofirst 300 naik 0,8 persen.

Kenaikan bursa Eropa didorong oleh naiknya saham Hennes & Mauritz (H&M) dan kenaikan sektor kesehatan yang dipimpin oleh saham Shire.

Saham perusahaan ritel pakaian terbesar H&M naik setelah paparan kinerjanya memperlihatkan penurunan yang diluar prediksi semula.

Saham H&M naik 5,4 persen setelah mereka mengatakan bahwa dampak dari penguatan dollar mulai melandai dan mereka bisa mencapai kinerja netral dan positif di kuartal IV 2016.

Indeks kesehatan juga mencapai posisi top gainer dengan kenaikan 2,4 persen setelah perusahaan obat Amerika Serikat (AS) Pfozer menarik kesepakatan akuisisi senilai 160 miliar dollar AS ke Allergan, di bawah aturan anti tax-inversion baru.

Shire, yang berencana membeli Baxalta senilai 32 miliar dollar AS, akan menjadikan perusahaan itu sebagai spesialis penyalit langka terbesar dunia. Rencana ini mengerek saham Shire 5,2 persen.

Brenda Kelly, kepala analis London Capital Group, emngatakan Shire saat ini jadi target.

Namun sejumlah analis mengatakan kesepakatan akuisisi Shire-Baxalta tidak akan terdampak dari batalnya akuisisi Pfizer-Allergan akibat aturan pajak baru terkait tax-onversion yang membuat perusahaan membayar pajak lebih rendah karena berdomisili di luar negeri.

"Shire masuk sebagai perusahaan dengan domisili Irlandia, belum jelas apakah aturan ini penting tapi kami tidak melihat isu pajak akan membuat perjanjiann akuisisi tertunda," kata analis Credit Suisse dalam sebuah catatan.

Kompas TV Apa Itu IHSG?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com