Saham Eropa Ditutup Menguat, Didorong Saham H&M

Kompas.com - 07/04/2016, 07:20 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

LONDON/MILAN, KOMPAS.com - Pada perdagangan Rabu (6/4/2016) atau Kamis dini hari (WIB) bursa Eropa ditutup menguat, dimana indeks FTSEurofirst 300 naik 0,8 persen.

Kenaikan bursa Eropa didorong oleh naiknya saham Hennes & Mauritz (H&M) dan kenaikan sektor kesehatan yang dipimpin oleh saham Shire.

Saham perusahaan ritel pakaian terbesar H&M naik setelah paparan kinerjanya memperlihatkan penurunan yang diluar prediksi semula.

Saham H&M naik 5,4 persen setelah mereka mengatakan bahwa dampak dari penguatan dollar mulai melandai dan mereka bisa mencapai kinerja netral dan positif di kuartal IV 2016.

Indeks kesehatan juga mencapai posisi top gainer dengan kenaikan 2,4 persen setelah perusahaan obat Amerika Serikat (AS) Pfozer menarik kesepakatan akuisisi senilai 160 miliar dollar AS ke Allergan, di bawah aturan anti tax-inversion baru.

Shire, yang berencana membeli Baxalta senilai 32 miliar dollar AS, akan menjadikan perusahaan itu sebagai spesialis penyalit langka terbesar dunia. Rencana ini mengerek saham Shire 5,2 persen.

Brenda Kelly, kepala analis London Capital Group, emngatakan Shire saat ini jadi target.

Namun sejumlah analis mengatakan kesepakatan akuisisi Shire-Baxalta tidak akan terdampak dari batalnya akuisisi Pfizer-Allergan akibat aturan pajak baru terkait tax-onversion yang membuat perusahaan membayar pajak lebih rendah karena berdomisili di luar negeri.

"Shire masuk sebagai perusahaan dengan domisili Irlandia, belum jelas apakah aturan ini penting tapi kami tidak melihat isu pajak akan membuat perjanjiann akuisisi tertunda," kata analis Credit Suisse dalam sebuah catatan.

Kompas TV Apa Itu IHSG?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.