Harga Minyak Menguat, Bursa Asia Bergerak Variatif

Kompas.com - 07/04/2016, 08:44 WIB
Ilustrasi pergerakan harga saham shutterstockIlustrasi pergerakan harga saham
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Eropa ditutup naik pada hari Rabu mengikuti penguatan pasar minyak dan data sektor jasa China yang lebih baik dibandingkan ekspektasi.

Dilansir dari Monex Investindo Futures, indeks-indeks berjangka Eropa tidak banyak bereaksi terhadap catatan dari pertemuan terakhir Federal Reserve.

Harga minyak mentah naik setelah data pemerintah menunjukkan suplai minyak di AS berkurang 4,9 juta barel pada pekan lalu. Harga minyak yang lebih tinggi memicu penguatan saham-saham energi dan mendukung sentimen perdagangan yang positif.

Adapun bursa Asia bergerak di antara penguatan dan pelemahan pada hari Rabu kemarin. Data dari China juga membantu sentimen pasar, aktivitas sektor jasa perusahaan kecil dan sedang menunjukkan kenaikan di bulan Maret.

Data dari Caixin tersebut menunjukkan angka indeks sebesar 52,2 dari bulan sebumnya 51,2. Indeks Nikkei Jepang melemah 0,11 persen menjadi 15.715,36, Kospi Korea Selatan (KS200) naik 0,59 persen menjadi 241,99.

Indeks Hang Seng Hong Kong naik tipis 0,15 persen menjadi 20.206.67, sementara bursa Shanghai Composite China berakhir flat di level 3.050,72.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.