Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manjakan Nasabah, Bank Danamon Perkuat Sistem Keamanan TI

Kompas.com - 08/04/2016, 20:00 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Danamon Tbk, salah satu perbankan swasta nasional, memiliki misi untuk menjadi institusi keuangan terkemuka di Indonesia.

Bank Danamon berencana mencapai misi ini dengan menjadi organisasi customer–centric, yakni memberikan pelanggan mereka produk di saat yang tepat dimana mereka membutuhkannya.

Bank Danamon berencana memberikan produk kepada berbagai segmen pelanggan dengan nilai rekomendasi yang unik, berpusat pada keunggulan penjualan dan layanan.

Dalam hal ini, teknologi memainkan peranan penting. “Teknologi harus selaras dengan strategi bisnis kita untuk memastikan bahwa kita mencapai tujuan bisnis,” kata Suryadi Leung, Manajer Customer Care untuk Integrated Risk dan Compliance di Bank Danamon.

Mengingat besarnya jumlah data pelanggan dianalisa untuk memenuhi pemasaran pelanggan yang mumpuni, keamanan data adalah bagian penting dari operasi Bank Danamon.

Oleh sebab itu, Bank Danamon kemudian melakukan modernisasi teknologi informasi dengan menggunakan SAS® Analytics Pro server.

Sebagai contoh, departemen risk menggunakan SAS untuk membuat laporan bulanan yang harus diberikan kepada manajemen dan pembuat kebijakan. Laporan ini harus diberikan tepat waktu.

Bank bisa dengan lebih baik dalam menyatukan data untuk portofolio pelaporan dan membuat pelaporan yang lebih komprehensif dengan mengatur data agar sesuai dengan format data. Danamon bisa mengotomatisasi pelaporan sesuai tenggat waktu pembuat kebijakan dan memastikan hasil yang akurat.

Ada lebih dari 70 pengguna SAS dari berbagai lini bisnis (LOB), termasuk consumer, kartu kredit, perbankan mikro, audit, risk dan KPR.

Sebelumnya, setiap LOB memiliki database masing-masing, dan database itu dianalisa tanpa koordinator tunggal.

Karena Danamon membidik peningkatan keamanan data dan keunggulan operasional, manajemen memilih SAS Analytics Pro server, SAS Integration Technologies, SAS/ACCESS® dan SAS® Enterprise Guide® untuk menghemat waktu dan mengurangi biaya.

Suryadi mengatakan, “Versi server 30%-40% lebih cepat dibandingkan versi desktop. Dan untuk departemen teknologi informasi, solusi ini memiliki fleksibilitas dan kemudahan yang dibutuhkan agar mampu mengeksploitasi dan mengintegrasikan intelijensi SAS dengan arsitektur yang ada.”

Kompas TV Perbankan Dukung UMKM Digital

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com