Penyaluran Dana Desa Baru Rp 7,1 Triliun, Anggota DPR Ini Sindir Tjahjo Kumolo

Kompas.com - 11/04/2016, 19:02 WIB
Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro didampingi Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi, dalam Raker dengan Komisi XI DPR, Jakarta, Senin (11/4/2016). Kompas.com/ Estu SuryowatiMenteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro didampingi Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi, dalam Raker dengan Komisi XI DPR, Jakarta, Senin (11/4/2016).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Ahmad Sahroni kecewa mendengar realisasi penyaluran dana desa, yang disampaikan Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro, dalam rapat kerja, Senin (11/4/2016).

"Realisasi dana desa konyol. Dari Rp 47 triliun, baru Rp 7,1 triliun yang tersalurkan," kata Roni.

Dia mengatakan, anggota dewan di Komisi XI telah berkeliling di desa/kabupaten daerah pemilihan masing-masing untuk melihat realisasi program-program pemerintah, salah satunya dana desa.

Sayangnya, realisasi penyaluran dana desa masih jauh dari harapan.

Ahmad juga mengkritik kinerja dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Menteri Dalam, Menteri Keuangan.

Menurut Roni, seharusnya ketiga menteri tersebut bisa bergerak cepat agar dana desa tidak hanya berputar-putar di tingkat kabupaten.

Roni juga dengan tegas meminta Bambang dalam rapat tersebut untuk peduli dengan kondisi ini.

"Mendagri sebagai pimpinannya kepala daerah, juga kami lihat tidak terlalu intens mengawal ini. Kami melihat perubahan yang terjadi di desa masing-masing masih jauh dari harapan," pungkas anggota dewan dari Partai Nasional Demokrat itu.

Sebagai informasi, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016 dialokasikan transfer daerah dan dana desa sebesar Rp 770,2 triliun, dengan pembagian yakni transfer ke daerah sebesar Rp 723,2 triliun dan dana desa sebesar Rp 47 triliun.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X