Harga Kontrak Naik Tipis, Emas Reli Empat Sesi Beruntun

Kompas.com - 13/04/2016, 08:29 WIB
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga kontrak emas dunia naik tipis pada akhir transaksi perdagangan Selasa (12/4/2016) atau Rabu dini hari WIB.

Berdasarkan data Bloomberg, harga kontrak emas untuk pengantaran Juni ditutup dengan kenaikan 2,90 dollar AS atau 0,2 persen menjadi 1.290,90 dollar AS per troy ounce.

Kenaikan tersebut menandakan bahwa emas sudah naik selama empat sesi beruntun.

Ini merupakan kenaikan dengan periode terlama sejak periode yang berakhir 9 Februari lalu. Pada waktu itu, emas naik selama lima sesi beruntun.

Pergerakan harga emas tidak berkorelasi dengan reli pada pasar saham dan harga minyak dunia.

Trader emas saat ini lebih fokus pada laporan kinerja kuartalan emiten dan outlook pertumbuhan ekonomi global Badan Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) yang masih buram.

Sebelumnya, IMF baru saja memangkas estimasi pertumbuhan ekonomi global menjadi 3,2 persen di 2016 dari sebelumnya 3,4 persen.

IMF juga menurunkan estimasi pertumbuhan di Amerika Serikat (AS), perekonomian terbesar dunia, menjadi 2,4 persen pada tahun ini dari estimasi sebelumnya 2,6 persen.

Kompas TV Harga Emas Dunia Cetak Rekor Tertinggi
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Bloomberg
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.