Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Kontrak Naik Tipis, Emas Reli Empat Sesi Beruntun

Kompas.com - 13/04/2016, 08:29 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga kontrak emas dunia naik tipis pada akhir transaksi perdagangan Selasa (12/4/2016) atau Rabu dini hari WIB.

Berdasarkan data Bloomberg, harga kontrak emas untuk pengantaran Juni ditutup dengan kenaikan 2,90 dollar AS atau 0,2 persen menjadi 1.290,90 dollar AS per troy ounce.

Kenaikan tersebut menandakan bahwa emas sudah naik selama empat sesi beruntun.

Ini merupakan kenaikan dengan periode terlama sejak periode yang berakhir 9 Februari lalu. Pada waktu itu, emas naik selama lima sesi beruntun.

Pergerakan harga emas tidak berkorelasi dengan reli pada pasar saham dan harga minyak dunia.

Trader emas saat ini lebih fokus pada laporan kinerja kuartalan emiten dan outlook pertumbuhan ekonomi global Badan Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) yang masih buram.

Sebelumnya, IMF baru saja memangkas estimasi pertumbuhan ekonomi global menjadi 3,2 persen di 2016 dari sebelumnya 3,4 persen.

IMF juga menurunkan estimasi pertumbuhan di Amerika Serikat (AS), perekonomian terbesar dunia, menjadi 2,4 persen pada tahun ini dari estimasi sebelumnya 2,6 persen.

Kompas TV Harga Emas Dunia Cetak Rekor Tertinggi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com