Ini Penjelasan Susi Pudjiastuti Soal Rendahnya Serapan Anggaran KKP

Kompas.com - 13/04/2016, 14:04 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti M Fajar MartaMenteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti menyampaikan penjelasan mengenai rendahnya serapan anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di kuartal-I 2016.

Pertama, rendahnya serapan anggaran KKP di kuartal-I 2016 disebabkan belanja untuk kepentingan stakeholder melalu e-katalog masih dalam proses.

"Seperti kapal, alat tangkap, KJA, kincir, cold storage, dan lain sebagainya," kata Susi dalam rapat kerja dengan Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, di Jakarta, Rabu (13/4/2016).

Kedua, Susi mengatakan, serapan anggaran di kuartal-I 2016 masih rendah karena pekerjaan konstruksi juga masih dalam proses pengadaan. Selain itu, alasan ketiga adalah pekerjaan yang telahteken  kontrak belum memasuki waktu pengajuan anggaran dari pihak ketiga.

"Keempat, pekerjaan kontrak tahun jamak masih dalam persetujuan ke Kementerian Keuangan," terang Susi.

Sebagaimana informasi, serapan anggaran KKP merupakan yang terendah kedua dari 15 Kementerian/Lembaga dengan pagu terbesar 2016.

Pada kuartal-I 2016 serapan anggaran KKP hanya 4 persen, sedikit lebih tinggi dibandingkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang sebesar 3,9 persen.

"(Tapi) Realisasi anggaran KKP sampai 6 April 2016 mencapai 6,25 persen," kata Susi. (baca: Serapan Belanja Kementerian Susi Pudjiastuti Nomor Dua Terendah)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X