Imbal Hasil Terus Menurun, BPJS Kesehatan Berharap "Yield" Investasinya Tetap di Atas BI Rate

Kompas.com - 13/04/2016, 15:15 WIB
Untuk meningkatkan pelayanan, BPJS Kesehatan membuka lima kantor cabang baru di Indonesia secara serentak, Rabu (30/12/2015). KOMPAS.com/Reni SusantiUntuk meningkatkan pelayanan, BPJS Kesehatan membuka lima kantor cabang baru di Indonesia secara serentak, Rabu (30/12/2015).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring penurunan suku bunga dan imbal hasil instrumen keuangan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menargetkan imbal hasil investasinya tetap bisa di atas tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) tahun ini.

"Kami memproyeksikan imbal hasil tahun ini setidak-tidaknya bisa 1 persen poin di atas BI Rate," kata Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso di kantornya di Jakarta, Rabu (13/4/2016).

Adapun BI Rate kini sebesar 6,75 persen.

 

Menurut Kemal, sejauh ini yield investasi yang diterima BPJS Kesehatan tengah dalam tren penurunan.

BI/BPS/M Fajar Marta Perbandingan BI Rate dan Inflasi Inti

 

Padahal, yield tahun 2014 masih mencapai 15 persen.

"Yield di 2015 hanya single digit, karena dana kelolaan yang turun untuk tambah aset dan tren penurunaan suku bunga," tutur Kemal.

Ia menjelaskan, target yield sebesar 1 persen di atas BI Rate tersebut sejalan dengan proyeksi penurunan suku bunga acuan BI yang akan dilakukan secara gradual di sepanjang tahun ini.

"Tetapi, strategi investasi yang paling penting bagi kami adalah terkait elemen likuiditas, selain berharap pada yield. Dan penting untuk mencermati penempatan (aset investasi) pada instrumen-instrumen yang bagus," terang Kemal.

Kompas TVBI Rate Landai, Risiko Investasi Turun



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X