Ekonomi Lesu, Pabrik Galangan Kapal Diubah Jadi Lahan Parkir

Kompas.com - 15/04/2016, 12:00 WIB
Ilustrasi KOMPAS/IWAN SETIYAWANIlustrasi
|
EditorAprillia Ika

BEIJING, KOMPAS.com - Perusahaan galangan kapal di China amat terbelit masalah finansial. Saking parahnya, salah satu perusahaan menyulap area pabrik galangan kapal miliknya menjadi sebuah lahan untuk parkir mobil.

China Ocean Industry Group Ltd memutuskan untuk menghapus kata "Shipbuilding" dari namanya pada bulan Maret 2016 lalu.

Perusahaan ini pun menunjuk sebuah operator lahan parkir tahun lalu untuk memenuhi kekurangan 50 juta lahan parkir di China. Perusahaan tersebut berencana membangun dan mengoperasikan 100.000 lahan parkir di China dalam tiga tahun.

Menurut CEO Zhang Shi Hong, ini akan berkontribusi sebesar sekitar 70 persen dari total laba operasional perusahaan. Langkah ini menunjukkan bagaimana pabrik galangan kapal di China seperti China Ocean mencari sumber pertumbuhan lain.

Pasalnya, bisnis galangan kapal global tengah dalam kondisi lesu akibat jatuhnya harga komoditas dan meluapnya kehadiran kapal-kapal baru.

Menurut data JPMorgan & Chase Co, lebih dari 140 yards pabrik galangan kapal lenyap sejak tahun 2010. Keadaan yang kontras adalah China benar-benar kekurangan lahan parkir, khususnya di kota-kota besar, sehingga praktik double-parking adalah pemandangan yang lumrah.

"Mendiversifikasi bisnis adalah tren umum dalam industri galangan kapal. Permintaan di pembuat mobil terbesar dunia akan terus meningkat sejalan dengan proyeksi bahwa warga China akan lebih banyak membeli mobil tahun ini," ujar Zhang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Laba dari bisnis lahan parkir diprediksi Zhang akan mencapai 500 juta yuan atau 76 juta dollar AS. Adapun pendapatan tahunan China Ocean diprediksi mencapai 2 miliar yuan.

China Ocean memulai bisnis sistem lahan parkir otomatis di area pabrik galangan kapalnya di provinsi Jiangxi pada bulan Februari lalu.

Pada 2015, China Ocean mengakuisisi Shangdong Ruitong Parking Management Services Co. yang memiliki keahlian dalam garasi parkir multilevel otomatis yang populer di kota seperti Tokyo.

Tahun ini, saham China Ocean melorot 7,7 persen pada perdagangan di lantai bursa Hang Seng Hong Kong.

Adapun penurunan di benchmark indeks Hang Seng mencapai 2,6 persen. Zhang menjelaskan, China Ocean menargetkan kembali meraup laba dari industri galangan kapal pada tahun 2018 mendatang.

Laba akan didorong dari fokus pada bisnis pembangunan kapal tanker dan kapal kargo berat.

Kompas TV Korupsi Parkir, Negara Rugi Rp 1 Miliar Lebih



Sumber Bloomberg
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X