BNI Dikabarkan Dekati Standard Chartered untuk Lobi Beli Saham Bank Permata

Kompas.com - 15/04/2016, 14:00 WIB
Standard Chartered Bank KONTAN/ BaihakiStandard Chartered Bank
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana Standard Chartered Plc (Stanchart) menjual sejumlah aset di Asia, termasuk Indonesia, langsung disambar bank lokal. Bank Negara Indonesia (BNI) menjadi salah satu yang tertarik membeli aset milik Standard Chartered Bank, berupa sebagian saham di Bank Permata.

Menurut narasumber Kontan, bank berlogo 46 itu baru-baru ini telah melakukan komunikasi awal dengan pihak Standard Chartered untuk membeli saham Bank Permata. Namun, ia tak merinci berapa porsi saham Bank Permata yang diincar BNI.

Saat ini, porsi kepemilikan saham Standard Chartered  di Bank Permata sebanyak 44,56 persen. Porsi yang sama juga dimiliki oleh pemegang saham Bank Permata lain, yakni PT Astra International Tbk.

Saat dikonfirmasi, Achmad Baiquni, Direktur Utama BNI, tak membantah kabar tersebut. Kata Baiquni, dalam rencana pertumbuhan secara anorganik, pihaknya sebagai pemilik saham Bank Permata, mencoba mendekati sejumlah bank, termasuk Standard Chartered, terkait akuisisi.

"Kami baru melakukan pembicaraan awal. Untuk mencari bank yang cocok, tidak mudah. Prosesnya panjang," kata Baiquni, Rabu (13/4/2016).

Sebagai informasi, BNI sudah memasukkan rencana akuisisi bank dalam rencana bisnis bank (RBB) tahun 2016. BNI menganggarkan dana akuisisi hingga Rp 3 triliun.

Sebagai informasi, hingga akhir tahun 2015, posisi kas setara kas BNI tercatat sebanyak Rp 12,89 triliun. Sementara itu, kapitalisasi pasar saham Bank Permata hingga kemarin berjumlah Rp 9,62 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Artinya, dengan kepemilikan saham sebanyak 44,56 persen, maka nilai aset Standard Chartered di Bank Permata tak kurang dari Rp 4,29 triliun.

Belum dengar

Sejumlah pihak terkait mengaku belum mendengar rencana akuisisi Bank Permata itu. "Kami belum ada informasi apa pun tentang hal itu," ujar Troy Pantouw, Country Head Corporate Affairs & Brand Marketing Standard Chartered Bank Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber KONTAN
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X