Harga Turun Tak Wajar, Saham ICON Masuk Pengawasan BEI

Kompas.com - 16/04/2016, 11:24 WIB
Ilustrasi pergerakan harga saham shutterstockIlustrasi pergerakan harga saham
|
EditorIcha Rastika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bursa Efek Indonesia menetapkan saham PT Island Concepts Indonesia Tbk masuk dalam kategori Unusual Market Activity (UMA) terkait penurunan harga saham yang di luar kebiasaan.

Terpantau harga saham emiten jasa akomodasi dengan kode ICON ini sempat dibuka di level Rp 330 dan pada sesi pertama turun 33 poin atau 10 persen ke Rp 297.

"Sehubungan dengan terjadinya penurunan harga saham yang di luar kebiasaan, maka Bursa saat ini tengah mencermati perkembangan pola transaksi ini," ujar Kepala Pengawasan Transaksi BEI Irvan Susandy dikutip dari keterbukaan informasi, Jumat (15/4/2016).

Oleh karena itu, para investor diharapkan untuk memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa.

Selain itu, para investor diminta untuk mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasinya.

Investor juga diharapkan untuk mengkaji kembali rencana corporate action perusahaan tercatat apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

BEI pun meminta para investor untuk mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

"Pengumuman UMA tidak serta merta menunjukan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan," kata Irvan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X