Ciptakan Wirausaha Baru, BRI Kucurkan Rp 500 Miliar ke PNM

Kompas.com - 19/04/2016, 17:17 WIB
|
EditorJosephus Primus

SUKABUMI, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengucurkan kredit modal kerja ke PT Permodalan Nasional Madani (PNM) sebesar Rp 500 miliar dengan tenor selama dua tahun dan bunga 10,5 persen. Kucuran kredit modal kerja tersebut merupakan bentuk sinergi antara BUMN untuk memberikan fasilitas kredit mikro kepada wirausaha kecil.

Direktur Bisnis dan UMKM BRI Muhammad Irfan mengatakan, kerja sama yang dilakukan BRI dengan PNM ini karena BRI tidak bisa menjangkau para wirausaha supermikro. "PNM itu BUMN yang ngurusi pengusaha yang belum bankable, BRI yang kasih modal. BRI gak bisa masuk ke supermikro, makanya kita lewat PNM," ujar Irfan di Pondok Wirausaha Dewin Assalam Sukabumi, Selasa (19/4/2016).

Direktur Utama PNM Parman Nataatmadja mengaku akan menyalurkan pinjaman modal kerja tersebut kepada para wirausaha kecil. "Kita akan menyalukan kredit ke pengusaha kecil yang tidak terjangkau oleh korporasi," imbuh Parman.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, guna mendorong usaha kecil mikro, dirinya pun sudah menyampaikan hal tersebut pada Presiden RI Joko Widodo. Rini berharap, dengan ditambahnya penyaluran kredit mikro, wirausaha mikro yang baru 1 persen di seluruh Indonesia bisa bertambah menjadi 5 sampai 7 persen seperti negara-negara lain. "Untuk pembiayaan mikro sudah dibicarakan dengan Presiden. Indonesia termasuk yang wirausahanya sangat kecil, gak sampai 1 persen, negara lain sudah 5-7persen, saya ingin mendorong BUMN bersinergi membantu perekonomian lebih maju," tutur Rini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.