Kompas.com - 20/04/2016, 10:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com — CEO perusahaan teknologi asal Amerika Serikat Intel, Brian Krzanich, menyatakan, raksasa teknologi yang dipimpinnya saat ini tengah melakukan serangkaian restrukturisasi.

Upaya tersebut diakui Krzanich termasuk melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 12.000 orang karyawan.

Dengan bisnis komputer pribadi atau PC yang kini tengah jatuh, Intel menyadari harus melakukan perubahan dengan cepat guna tetap bertahan.

Oleh sebab itu, kata Krzanich, Intel kini lebih memfokuskan diri pada cloud.

"Intel telah dikenal selama ini sebagai perusahaan PC. Kini, kami akan fokus di sekitar cloud dan semua perangkat yang terhubung dengan cloud. Ini termasuk PC, tetapi lebih dari itu," ungkap Krzanich seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (20/4/2016).

Menurut Krzanich, upaya restrukturisasi akan memberikan fleksibilitas bagi Intel untuk berinvestasi di area bisnis yang kini lebih menjanjikan dibandingkan pasar PC yang stagnan.

Ia pun memberikan contoh bisnis tersebut, antara lain laptop-tablet hybrid 2 in 1 dan permainan PC yang tumbuh lebih dari 10 persen per tahun. Selain itu, home getaway juga mengalami pertumbuhan signifikan.

Di samping itu, Krzanich pun menyatakan, Intel akan berinvestasi di area di luar PC, tetapi sangat berperan bagi kesuksesan Intel, yakni data center, bisnis terkait internet yang tumbuh 22 persen tiap tahun, memori, dan konektivitas.

"Sebagai hasil dari restrukturisasi ini, Intel akan dapat menekan beban mencapai 1,4 miliar dollar AS per tahun pada pertengahan 2017. Tahun itu akan mewujudkan pendapatan tertinggi per karyawan dalam sejarah Intel," tutur Krzanich.

Kompas TV Apa itu PHK?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.