Sepanjang 2016, BRI Target Alokasikan Kredit Korporasi ke BUMN Sebanyak Rp 90 Triliun

Kompas.com - 20/04/2016, 10:30 WIB
BRI KONTAN/BAIHAKIBRI
|
EditorAprillia Ika

SUKABUMI, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menargetkan penyaluran kredit ke korporasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencapai Rp 90 triliun pada 2016 ini.

Penyaluran kredit tersebut meningkat dibanding realisasi kredit terhadap BUMN pada 2015 sekitar Rp 70 triliun.

"Peningkatan penyaluran kredit bagi BUMN dari Rp 70 triliun menjadi Rp 90 triliun sejalan dengan harapan pemerintah terhadap perusahaan milik negara sebagai salah satu penopang perekonomian nasional," ujar Direktur Bisnis dan UMKM BRI Muhammad Irfan, saat mendampingi Menteri BUMN Rini Soemarno mengunjungi sejumlah UKM di Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (19/4/2016).

Perseroan menambah porsi penyaluran kredit korporasi BUMN sebab BUMN dipandang sebagai tonggak pemerintah dalam melakukan percepatan infrastruktur seperti perluasan bandara, jalan tol, pelabuhan dan program ketahanan pangan nasional.
     
Target penyaluran kredit sebesar Rp 90 triliun rencananya sebagian besar akan dialokasikan ke sektor infrastruktur, ketahanan pangan dan energi.

Irfan menyebutkan, penyaluran kredit pun sudah dilakukan dengan sangat cepat. Terbukti baru kuartal pertama 2016 ini saja BRI telah mengalokasikan kredit sebesar Rp 75 triliun.

"Menggenjot kredit itu gampang, alokasi kredit BRI ke BUMN saja sudah mencapai Rp 75 triliun," imbuh Irfan.
     
Irfan menyebutkan, sejumlah korporasi yang mendapatkan alokasi pinjaman dalam jumlah besar itu antara lain, Perum Bulog yang mencapai Rp 20 triliun, PLN, Pertamina dan BUMN Infrastuktur lain.

Meski demikian, penyaluran kredit kepada BUMN menurut Irfan tetap harus disesuaikan dengan kondisi dan kapasitas masing-masing debitor.

Kompas TV Karyawan BCA Paling Puas Dengan Kantornya



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X