BI: Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal I 2016 5,1 Sampai 5,2 Persen

Kompas.com - 21/04/2016, 17:00 WIB
Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia. Sakina Rakhma Diah Setiawan/Kompas.comBank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia.
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2016 mencapai kisaran 5,1 sampai 5,2 persen.

Bank sentral memandang, akselerasi pertumbuhan ekonomi pada periode tersebut terutama didorong oleh belanja pemerintah.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung menjelaskan, pada kuartal I 2016 belanja modal mengalami kenaikan hingga 161 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Juda menyebut, ada peningkatan yang besr dalam belanja pemerintah. "Memang luar biasa akselerasi belanja modal, pengeluaran infrastruktur pemerintah," jelas Juda di Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Lebih lanjut, Juda menuturkan, akselerasi juga terjadi pada belanja barang. Bank sentral mencatat, akselerasi belanja barang mencapai 56 persen pada kuartal I 2016.

Selain itu, Juda mengatakan, bank sentral pun memantau adanya perbaikan pada sektor konsumsi.

Peningkatan, imbuh Juda, terjadi pada keyakinan konsumen, konsumsi ritel, dan penjualan kendaraan bermotor sebagai multiplier effect dari belanja pemerintah.

"Akan tetapi, investasi swasta belum terlalu kuat. Diprediksi pada kuartal II 2016 akan ada akselerasi," ungkap Juda.

Kompas TV BI Ubah Bunga Acuan?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X