Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNI Kucurkan Kredit Modal Kerja Rp 1 Triliun untuk Semen Indonesia

Kompas.com - 22/04/2016, 11:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk memberikan kredit modal kerja (KMK) senilai Rp 1 triliun untuk PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Fasilitas KMK ini akan digunakan untuk penggunaan umum dan keperluan operasional perusahaan.

"Rencananya fasilitas ini akan digunakan untuk mengoptimalkan skema pendanaan Perseroan khususnya sebagai bridging loan dalam rangka mendukung rencana strategis perseroan," kata Direktur Utama Semen lndonesia Suparni di Kementerian BUMN, Jumat (22/4/2016).

Saat ini, Semen Indonesia sedang menyelesaikan pembangunan dua pabrik semen terintegrasi di Rembang, Jawa Tengah dan lndarung VI, Padang, Sumatera Barat. Adapun kapasitas pabrik masing-masing 3 juta ton per tahun.

Direktur Bisnis Korporasi BNI Herry Sidharta mengungkapkan Semen lndonesia merupakan salah satu nasabah potensial BNI, di mana emiten berkode SMGR sudah menjadi nasabah BNI sejak tahun 1995.

"BNI telah melakukan berbagai kerja sama, selain pemberian fasilitas kredit baik Cash Loan maupun Non Cash Loan kepada Holding dan Group usahanya, BNI juga telah melakukan pengelolaan aktivitas keuangan SMGR," ujar Herry.

Selain melakukan kerja sama dengan Semen Indonesia Group, BNI juga menjalin kerja sama dengan Mitra Korporat Semen Indonesia Group dalam bentuk pemberian fasilitas kredit kepada Supplier dan Distributor Semen lndonesia atau yang dikenal dengan Supply Chain Financing (SCF).

“BNI dan Semen Indonesia sama-sama memiliki potensi yang besar, yang apabila disinergikan dapat memberikan nilai tambah bagi kita semua. Semoga dengan adanya kerja sama ini, dapat meningkatkan dan menciptakan nilai tambah dan manfaat bagi BNI dan juga Semen Indonesia,” ungkap Herry.

Kompas TV Warga dan Pabrik hanya Berjarak 4 Km

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com