Kompas.com - 22/04/2016, 12:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

LONDON, KOMPAS.com — Ratu Elizabeth II dari Kerajaan Inggris baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang ke-90. Banyak orang menganggap status yang disandang sebagai ratu berarti memiliki kekayaan melimpah.

Akan tetapi, apakah Anda tahu sebenarnya Ratu Elizabeth II tidak sekaya yang Anda pikir? Pasalnya, kekayaan yang dimiliki Kerajaan Inggris tidak sepenuhnya milik Ratu Elizabeth II.

Kekayaan sang ratu diestimasikan mencapai 490 juta dollar AS, sedangkan para miliarder teratas dunia memiliki kekayaan yang jauh di atas angka itu.

Sebagai perbandingan, Liliane Bettecourt, pemilik 33 persen saham L'Oreal dan wanita terkaya di dunia, memiliki kekayaan mencapai 40 miliar dollar AS. Sementara itu, kekayaan Gerald Grosvenor, orang terkaya di Inggris yang bergelar Duke of Westminster, mencapai 12,9 miliar dollar AS.

Ratu Elizabeth II bahkan didepak dari daftar 300 orang terkaya di Inggris untuk kali pertama pada tahun lalu. Namun, sumber pendapatan sang ratu bukan berarti kosong. Ia mengandalkan Sovereign Grant, Privy Purse, serta pendapatan dan kekayaan pribadi.

Berikut ini adalah sumber pendapatan Ratu Elizabeth II.

1. Sovereign Grant

Sovereign Grant adalah akun biaya hidup Ratu Elizabeth II, mencakup biaya perjalanan, keamanan, perawatan istana kerajaan, dan staf.

Tahun lalu, Sovereign Grant mencapai 37,9 juta poundsterling atau sekitar 55 juta dollar AS. Ratu Elizabeth II sendiri menghabiskan biaya 35,7 juta poundsterling, sisanya digunakan untuk dana darurat.

2. The Privy Purse

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN Money
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.