Terminal 3 Ultimate Hampir Rampung, Kemenhub Sorot Runway Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 22/04/2016, 17:00 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir rampungnya Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta membawa optimisme baru.

Angkasa Pura II bahkan yakin mampu bandara terbesar di Indonesia itu mampu menyusul Bandara Kuala Lumpur, Malaysia, dalam hal penerbangan langsung ke luar negeri.

Namun, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyoroti masih terbatasnya kapasitas runway Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Itu tergantung kapasitas dua runway (Bandara Internasional Soekarno-Hatta)," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Suprasetyo di Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Menurut dia, pembangunan infrastruktur terminal bandara tidak cukup. Perlu penambahan kapasitas runway untuk memperbanyak frekuensi penerbangan.

Saat ini tutur dia, frekuensi penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hattasudah mencapai 72 kali per jam. Bahkan bisa mencapai 76 kali bila tambahan 4 penerbangan darurat.

Namun menurut Suprasetyo, meski penambahan frekuensi penerbangan dirasa sulit, ada jam-jam dimana frekuensi penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak sampai 72 kali per jam.

"Kalau mereka (maskapai-maskapai itu) mau mengisi jam-jam malam bisa saja," kata Suprasetyo.

Saingi Malaysia

Sebelumnya, Angkasa Pura II (AP II) optimis Bandara Internasional Soekarno-Hatta mampu menyusul Bandara Kuala Lumpur, Malaysia, dalam hal penerbangan langsung ke luar negeri.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.